Implementasi Metode Sima’i dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an pada Mahasiswa Divisi Tahfidz di UKM JQH Asy-Syauq IAIN Kudus

Wafa, Muhamaad Sirril (2020) Implementasi Metode Sima’i dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Al-Qur’an pada Mahasiswa Divisi Tahfidz di UKM JQH Asy-Syauq IAIN Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (699kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (476kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (896kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (771kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (564kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi metode Sima’i serta upaya meningkatkan kualitas hafalan Al-Qur’an mahasiswa yang dilaksanakan di divisi Tahfidz UKM JQH Asy-Syauq IAIN Kudus, serta faktor pendukung dan faktor penghambat dalam menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yaitu pendekatan yang bertujuan untuk memahami suatu fenomena secara mendalam, seperti: perilaku, persepsi,motivasi, tindakan dan sebagainya. Subjek dari penelitian ini yaitu 1 pembina UKM, ketua UKM, 2 pembina divisi tahfidz, 1 koordinator pengurus divisi tahfidz, dan 6 mahasiswa anggota divisi tahfidz UKM JQH Asy-Syauq IAIN Kudus. Data-data tentang implementasi metode sima’i dan kegiatan yang dilaksanakan di divisi tahfidz dikumpulkan dengan teknik wawancara semi terstruktur (semi structure interview) dan wawancara tak berstruktur (unstructured interview), observasi campuran (observasi partisipatori dan non-partisipatori), dan menggunakan studi dokumentasi. Setelah penulis melakukan penelitian dilapangan, maka: 1). Kegiatan pembelajaran di Divisi Tahfidz UKM JQH Asy-Syauq IAIN Kudus terdiri dari dua sesi, yaitu Pembekalan Dasar Al-Qur’an yaitu pembelajaran tajwid dan makhorijul huruf, dan kegiatan sima’an (Implementasi metode sima’i). Ada empat macam variasi dari metode sima’i atau sima’an yang diterpakan di Divisi Tahfidz UKM JQH Asy-Syauq IAIN Kudus, diantara yaitu sima’an rutinan, sima’an sesama anggota, sima’an online, dan sima’an Bil-Ghoib khataman Al-Qur’an. 2). Faktor Pendukung dalam menghafal Al-Qur’an di kalangan mahasiswa divisi tahfidz diantaranya yaitu: niat yang ihlas dan sungguh-sungguh, usia, motivasi, penggunaan metode dalam menghafal, lingkungan, dan latihan serta pengulangan (Muroja’ah), sedangkan Faktor Penghambat diantarnya yaitu: manajemen waktu yang kurang baik, kurang istiqomah, terlalu berambisi mengejar target hafalan, kurangnya motivasi, malas, dan sering melakukan maksiat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Sima’i, Kualitas Hafalan, Mahasiswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 12 Jul 2021 07:24
Last Modified: 12 Jul 2021 07:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4769

Actions (login required)

View Item View Item