Laili, Khoirin Nur (2020) Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Dalam Kurikulum 2013 Pada Kelas VA Di MI Nu Tarbiyatul Aulad Jelak Kesambi Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER s.d KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (543kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (866kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (350kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (500kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran tematik terpadu dalam kurikulum 2013 pada kelas VA di MI NU Tarbiyatul Aulad Jelak Kesambi Mejobo Kudus. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, sesuai objek kajian maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dilihat dari segi fisik MI NU Tarbiyatul Aulad Jelak Kesambi Mejobo Kudus sudah memilki sarana dan prasarana yang cukup memadai. Bangunan dengan 2 lantai dan terletak dekat dengan masjid untuk beribadah. Lokasinya sangat strategis, terletak di pertengahan perkampungan. Adapun tujuan dari peneliatian ini adalah untuk mengetahui dan menganilisis mengenai (1) Implementasi pembelajaran tematik terpadu dalam kurikulum 2013 pada kelas VA di MI NU Tarbiyatul Aulad Jelak Kesambi Mejobo Kudus (2) Apakah faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran tematik terpadu dalam kurikulum 2013 pada kelas VA di MI NU Tarbiyatul Aulad Jelak Kesambi Mejobo Kudus . Berdasarkan hasil penelitian terkait implementasi pembelajaran tematik terpadu dalam kurikulum 2013 di MI NU Tarbiyatul Aulad sudah baik, hal ini dapar dilihat dari bagaimana cara guru dalam suksesnya penerapan pembelajaran tematik dilihat dari pelaksanaanya yang menggunakan RPP sebagai acuan dalam pembelajaran, selain itu dengan menggunakan metode serta media yang tepat sasaran sesuai materi yang diajarkan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Selain itu juga melalui peran aktif dari guru dan kepala sekolah yang senantiasa berusaha semaksimal mungkin dalam implementasi kurikulum 2013 agar dapat berjalan dengan baik dengan penerapan pembelajaran dengan pendekatan scientific dan penilaian secara autentik, serta memberikan buku pedoman ketika sosialisasi kurikulum 2013. Terdapat juga faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 pada kelas VA di MI NU Tarbiyatul Aulad Jelak Kesambi Mejobo Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pembelajaran, pembelajaran Tematik Terpadu, Kurikulum 2013 |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Aug 2021 06:46 |
Last Modified: | 16 Aug 2021 06:46 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4918 |
Actions (login required)
View Item |