Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Dalam Kurikulum 2013 Pada Kelas VA Di MI Nu Tarbiyatul Aulad Jelak Kesambi Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2020/2021

Laili, Khoirin Nur (2020) Implementasi Pembelajaran Tematik Terpadu Dalam Kurikulum 2013 Pada Kelas VA Di MI Nu Tarbiyatul Aulad Jelak Kesambi Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER s.d KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (543kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (866kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (350kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (500kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran tematik terpadu dalam kurikulum 2013 pada kelas VA di MI NU Tarbiyatul Aulad Jelak Kesambi Mejobo Kudus. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif, sesuai objek kajian maka penelitian ini adalah penelitian lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode observasi, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Dilihat dari segi fisik MI NU Tarbiyatul Aulad Jelak Kesambi Mejobo Kudus sudah memilki sarana dan prasarana yang cukup memadai. Bangunan dengan 2 lantai dan terletak dekat dengan masjid untuk beribadah. Lokasinya sangat strategis, terletak di pertengahan perkampungan. Adapun tujuan dari peneliatian ini adalah untuk mengetahui dan menganilisis mengenai (1) Implementasi pembelajaran tematik terpadu dalam kurikulum 2013 pada kelas VA di MI NU Tarbiyatul Aulad Jelak Kesambi Mejobo Kudus (2) Apakah faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran tematik terpadu dalam kurikulum 2013 pada kelas VA di MI NU Tarbiyatul Aulad Jelak Kesambi Mejobo Kudus . Berdasarkan hasil penelitian terkait implementasi pembelajaran tematik terpadu dalam kurikulum 2013 di MI NU Tarbiyatul Aulad sudah baik, hal ini dapar dilihat dari bagaimana cara guru dalam suksesnya penerapan pembelajaran tematik dilihat dari pelaksanaanya yang menggunakan RPP sebagai acuan dalam pembelajaran, selain itu dengan menggunakan metode serta media yang tepat sasaran sesuai materi yang diajarkan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Selain itu juga melalui peran aktif dari guru dan kepala sekolah yang senantiasa berusaha semaksimal mungkin dalam implementasi kurikulum 2013 agar dapat berjalan dengan baik dengan penerapan pembelajaran dengan pendekatan scientific dan penilaian secara autentik, serta memberikan buku pedoman ketika sosialisasi kurikulum 2013. Terdapat juga faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 pada kelas VA di MI NU Tarbiyatul Aulad Jelak Kesambi Mejobo Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Pembelajaran, pembelajaran Tematik Terpadu, Kurikulum 2013
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Aug 2021 06:46
Last Modified: 16 Aug 2021 06:46
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4918

Actions (login required)

View Item View Item