Wafiroh, Ni’matul (2020) Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di MTs. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (629kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (274kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (437kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (723kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (385kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (809kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (276kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (414kB) |
Abstract
Kurikulum 2013 bertujuan untuk membentuk generasi penerus bangsa yang produktif, kreatif, inovatif dan berkarakter. Dengan kreatifitas, anak-anak bangsa mampu berinovasi secara produktif untuk menjawab tantangan masa depan yang semakin rumit dan kompleks. Peningkatan mutu pendidikan yang menjadi tujuan dari K-13 dimadrasah perlu dievaluasi. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara tahun 2018/2019. 2) mendeskripsikan dampak pelaksanaan kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara tahun 2018/2019. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan sumber data primer meliputi kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, dan siswa berjumlah 207. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data ada empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan K-13 dilihat 3 (tiga) yaitu : 1) Pelaksanaan kurikulum 2013 dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara melalui; a) Tahap antecedent (Pendahuluan), meliputi kondisi siswa per rombel dari aspek pembelajaran, kondisi siswa dilihat dari aspek kesiapan mengikuti pelajaran dan keaktifan selama pembelajaran sudah sesuai standar dengan cukup baik, kondisi guru dilihat dari aspek kualifikasi akademik, kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional sudah sepenuhnya sesuai standar. b) Tahap transaction, meliputi pelaksanaan pembelajaran tematik integratif berbasis saintifik sudah berkategori baik, tapi ada beberapa hal yang belum sesuai stándar diantaranya ada beberapa guru yang memberikan apersepsi dan motivasi setelah selesai pelajaran dan juga menerapkan pendekatan saintifik, menerapkan pendekatan saintifik belum sesuai dengan stándar karena ada beberapa guru yang menerapkan belum maksimal. c) Tahap outcomes (Hasil penilaian autentik sudah memenuhi standar dan berkategori sangat baik). 2) Dampak pelaksanaan kurikulum 2013 MTs. Safinatul Huda Sowan Kidul Kedung Jepara dapat terlihat pada: a) peningkatan Input. b) peningkatan proses. c) peningkatan output. Pelaksanaan K-13 mewujudkan peningkatan pada 5 stándar, yaitu: standar isi, stándar proses, stándar kompetensi lulusan, standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, standar sarana dan prasarana.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Evaluasi, Kurikulum 2013, Mutu Pendidikan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 20 Aug 2021 06:29 |
Last Modified: | 20 Aug 2021 06:29 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4931 |
Actions (login required)
View Item |