Analisis Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Membangun Sikap Toleransi Siswa Di Kelas V MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus 2020/2021

Trijayana, Devi (2020) Analisis Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Membangun Sikap Toleransi Siswa Di Kelas V MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (281kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (551kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (659kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (442kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (731kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (277kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : 1) Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam membangun sikap toleransi di kelas V MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus 2) Mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung guru Akidah Akhlak dalam membangun sikap toleransi siswa di kelas V MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif melalui riset di lapangan di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus. Data diperoleh dari sumber data primer dan sekunder, dengan teknik pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: Pertama, pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam membangun sikap toleransi di kelas V MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus meliputi tiga tahap yaitu :1) Tahap persiapan dan perencanaan pembelajaran akidah akhlak di kelas V MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Kudus yakni guru mempersiapkan silabus dan menyusun sebuah RPP 2) Tahap pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam membangun sikap toleransi guru menggunakan pendekatan CTL (Contexual Teaching and Learning) 3) Tahap kegiatan akhir pada mata pelajaran akidah akhlak dalam membangun sikap toleransi yakni membuat kesimpulan pelajaran dan guru melakukan evaluasi pada akhir pembelajaran menggunakan teknik non tes jenis observasi. Sedangkan upaya guru akidah akhlak dalam membangun sikap toleransi siswa di kelas V MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor yakni: a) Guru memberikan pengetahuan dan pemahaman dalam mengembangkan nilai-nilai karakter yang berhubungan dengan aspek sikap toleransi. b) Terlibat dalam keragaman. c) Pembiasaan Akhlakul Karimah d) Mengadakan kegiatan acara PHBI. e) Guru mengajarkan menerima perbedaan pendapat ketika diskusi. f) Melatih sikap toleransi melalui moderasi beragama. Kedua, Faktor penghambat dan faktor pendukung dalam membangun sikap toleransi siswa di kelas V MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor yaitu : a) Faktor penghambat yaitu tingkat kesadaran / ego peserta didik, dan pendekatan guru. b)Faktor pendukung yaitu sarana yang menunjang dan guru memberikan contoh bersikap toleransi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sikap toleransi, Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Aug 2021 06:50
Last Modified: 20 Aug 2021 06:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4932

Actions (login required)

View Item View Item