Maftiyana, Nor Riza (2020) Implementasi Kegiatan Hafalan Juz ‘Amma Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa Kelas VI Di MI Kedung Ombo Mayong Jepara Tahun Pelajaran 2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (998kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (521kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (370kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (725kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (786kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (440kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (749kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (457kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (395kB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh kemunduran karakter islami yang diakibatkan oleh perkembangan zaman dan teknologi. Oleh karena itu MI Kedung Ombo membentuk karakter islami siswa nya dengan kegiatan hafalan juz ‘amma. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan : (1) Bagaimana kegiatan hafalan juz ‘amma di kelas VI MI Kedung Ombo Mayong Jepara? (2) Bagaimana implementasi kegiatan hafalan juz ‘amma dalam membentuk karakter islami siswa kelas VI di MI Kedung Ombo Mayong Jepara ? (3) Apa saja fakto-faktor yang mempengaruhi impementasi kegiatan hafalan juz ‘amma dalam membentuk karakter islami siswa kelas VI di MI Kedung Ombo Mayong Jepara? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field resarch). Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pembentukan karakter islami melalui penerapan kegiatan hafalan juz ‘amma. Untuk memperoleh data yang valid, dalam penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan tiga teknik yaitu, wawancara terstruktur, observasi terus terang dan tersamar dan dokumentasi. Peneliti menggunakan kriteria kredibilitas (derajat kepercayaan) untuk menguji keabsahan datanya dengan menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, member check dan trianggulasi serta mereduksi data, penyajian data dan verifikasi terhadap data yang telah terkumpul. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Kegiatan hafalan juz ‘amma dapat membentuk karakter islami. Tahapan kegiatan hafalan juz ‘amma dimulai setelah selesai berdoa sekitar 7 menit sebelum pembelajaran dimulai. (2) implementasi kegiatan hafalan juz ‘amma dapat membentuk karakter religius, jujur, disiplin, sopan terhadap orang yang lebih tua, cinta damai, peduli lingkungan dan sosial, tanggung jawab, dan rajin. 3) Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kegiatan hafalan juz ‘amma diantaranya adalah niat atau tekad, lupa membawa juz ‘amma, perhatian dari guru dan orang tua, kondisi kelas saat kegiatan berlangsung, metode yang digunakan, kegiatan mengaji siswa dan guru yang sesuai bidang kompetensi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kegiatan Hafalan Juz ‘Amma, Karakter Islam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 26 Aug 2021 03:36 |
Last Modified: | 26 Aug 2021 03:36 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4962 |
Actions (login required)
View Item |