Studi Kasus Strategi Pembelajaran Pendidikan Integrasi terhadap Prestasi Belajar Anak Tunadaksa di MI NU Imaduddin Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Hasanah, Uswatun (2021) Studi Kasus Strategi Pembelajaran Pendidikan Integrasi terhadap Prestasi Belajar Anak Tunadaksa di MI NU Imaduddin Mejobo Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER-Kata Pengantar.pdf

Download (676kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (115kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (119kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (454kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (187kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (453kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (120kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (334kB)

Abstract

Penelitian ini adalah studi kasus dengan penelitian langsung di lapangan (field research) yang mencoba mendalami problema anak berkebutuhan khusus anak tunadaksa di sekolah umum disertai prestasi belajar unggul dari anak normal, dengan menggunakan strategi pembelajaran pendidikan integrasi yang dilakukan guru dan orang tua, dan mencari data tentang faktor pendukung dan penghambat penggunaan strategi pembelajaran pendidikan integrasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yang menyelidiki fenomena sosial yang perlu diselesaikan permasalahannya. Obyek penelitiannya adalah 2 guru yang terdiri kepala madrasah dan guru kelas, serta orang tua dari anak penyandang tunadakasa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik interview, observasi, dan dokumentasi. Uniknya penelitian ini adalah anak tunadaksa yang bersekolah di sekolah umum, namun prestasinya dapat unggul dari anak normal lainnya. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian yaitu 1) strategi pembelajaran yang digunakan guru adalah strategi pembelajaran pendidikan integrasi. Pendidikan dan sarana prasarana disamakan dengan anak normal, hasilnya prestasi belajar anak tunadaksa meningkat secara bertahap dari kelas awal hingga kelas 5. 2) strategi pembelajaran yang digunakan orangtua adalah strategi pembelajaran pendidikan integrasi. Konsepnya sama dengan guru, strategi lain memberi semangat belajar untuk anak, orang tua membantu anak dalam belajar secara maksimal. Prestasi belajar anak meningkat pada setiap jenjang kelasnya. 3)faktor pendukung diantaranya: Kompetensi guru, Sikap positif anak tunadaksa, dukungan dari orang tua guru dan lingkungan madrasah. Faktor penghambat diantaranya: Kondisi fisik anak tunadakasa menghambat proses pembelajaran, dan Minimnya alokasi waktu dalam pelaksanaan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Strategi Pembelajaran Pendidikan Integrasi, dan Anak Tunadaksa.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:28
Last Modified: 27 Aug 2021 02:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4968

Actions (login required)

View Item View Item