Peran Lingkungan Pendidikan dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 3 Jekulo Kudus

Arumsari, Rhika Tryana (2019) Peran Lingkungan Pendidikan dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 3 Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
FILE 1 COVER-PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (527kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (705kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (631kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (735kB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (599kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (748kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Lingkungan Pendidikan dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 3 Jekulo Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis field research, dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP 3 Jekulo Kudus, yang berjumlah 5 siswa terdiri dari 2 perempuan dan 3 laki-laki, 1 kepala sekolah, 2 guru PAI, 5 orang tua siswa, dan 3 guru ngaji. Uji keabsahan data dilakukan dengan cara melakukan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, menggunakan bahan referensi, diskusi dengan teman sejawat, serta mengadakan member check. Kemudian teknik analisis data dilakukan dengan beberapa langkah, yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan pendidikan siswa kelas VII di SMP 3 Jekulo Kudus di lingkungan keluarga, sekolah dan di masyarakat sudah dapat dikatakan cukup baik ditandai dengan adanya dukungan dari orang tua, guru, dan guru ngaji. Namun ada sebagian siswa yang di lingkungan keluarganya kurang mendukung kegiatan belajar anak, karena orang tua sibuk dengan pekerjaannya. Selain itu, teman sebaya di lingkungan masyarakat juga ada yang tidak mendukung kegiatan belajar siswa karena selalu mengajak bermain. Sementara peran lingkungan keluarga (orang tua) dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa adalah dengan membantu anak ketika mengalami kesulitan belajar, memberi hukuman dan hadiah dalam proses belajar anak, memberikan pelajaran tambahan atau les kepada anak di luar lingkungan sekolah, serta memberi pengertian kepada anak bahwa dengan belajar cita-cita akan tercapai. Kemudian mengenai peran lingkungan sekolah yang merupakan lingkungan pendidikan kedua setelah keluarga dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa adalah dengan meningkatkan kedisiplinan siswa dalam ulangan, memberi reward and punishment pada siswa, meningkatkan antusias dan semangat guru dalam mengajar, serta menciptakan aktivitas yang melibatkan seluruh siswa dalam pembelajaran di kelas. Sedangkan peran lingkungan masyarakat (guru mengaji) dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa yaitu dengan menyediakan sarana pembelajaran yang dibutuhkan anak ketika mengaji serta ikut mengajari anak belajar dan mendidik adab sopan santun agar dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Lingkungan Pendidikan, Motivasi Belajar, PAI
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 Aug 2021 02:41
Last Modified: 27 Aug 2021 02:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4972

Actions (login required)

View Item View Item