AINUN, MARISA (2021) Manajemen Pembelajaran Fiqih di MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (400kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (197kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (380kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (730kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (357kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (509kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (263kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (401kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Untuk mengetahui tentang manajemen pembelajaran Fiqih di MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati, baik dari aspek perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran Fiqih tahun pelajaran 2019/2020. 2) Untuk mengetahui Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat dalam pelaksanaan manajemen pembelajaran Fiqih di MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk field research dengan pendekatan kualitatif. Strategi pengambilan sampel dengan meunggunakan non propability sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan langkah-langkah yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : 1) Manajemen pembelajaran Fiqih di MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati tahun pelajaran 2019/2020 a) Manajemen perencanaan pembelajaran Fiqih: pada tahap perencanaan pembelajaran Fiqih yaitu menyiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi program tahunan, program semester, program pengayaan dan remidial, silabus, RPP, dan segala sesuatu yang berkaitan dengan bahan pelajaran, diantaranya buku, al Qur’an, mempersiapkan presensi, metode yang disesuaikan dengan materi dan media pembelajaran. b) Manajemen pelaksanaan pembelajaran Fiqih: pada tahap pelaksanaan pembelajaran Fiqih, para guru sudah menyiapkan segala sesuatunya. Mulai dari pengelolaan kelas yang mencakup tiga hal yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti pembelajaran atau pembentukan kompetensi, dan post test. mempersiapkan materi, metode, dan strategi pembelajaran sehingga proses pelaksanaannya berjalan dengan lancar. c) Manajemen evaluasi pembelajaran Fiqih: tahap evaluasi yang dilakukan para guru Fiqih di MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati adalah melakukan penilaian terhadap pelaksanaan pembelajaran Fiqih dengan baik. Penilaian tersebut dilaksanakan pada setiap selesai pelajaran disampaikan, penilaian harian, penilaian tengah semester dan pada saat penilaian akhir semester. Adapun teknik penilaian yang dilakukan berupa tes tertulis, tes lisan, tes praktek, dan penugasan. Tes lisan dilakukan pada setiap selesai tatap muka pelajaran, tes tertulis, tes praktek dan penugasan dapat dilakukan pada saat ulangan harian, ulangan tengah semester dan ulangan akhir semester. 2) Faktor-Faktor Pendukung dan Penghambat Pelaksanaan Manajemen Pembelajaran Fiqih di MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. a) Faktor pendukung pelaksanaan manajemen pembelajaran Fiqih: guru sebagai sebagai faktor pendukung utama dalam proses pembelajaran, sarana dan prasarana yang dimiliki oleh MTs Roudlotusysyubban Tawangrejo Winong Pati dapat dikatakan cukup memadai namun demikian apabila dibandingkan dengan fasilitas sarana dan prasarana sekolah umum (SMP) tentu sangat jauh berbeda, dari kepemimpinan dan manajemen madrasah yang cukup baik. b) Faktor Penghambat Pelaksanaan Manajemen Pembelajaran Fiqih: masih ada sekitar 25% siswa yang belum bisa membaca al Qur’an dalam kurang lancar dalam praktik ibadah. Jumlah siswa dalam satu kelas terlalu banyak karena sarana jumlah kelas dengan jumlah siswa tidak seimbang, sehingga membuat suasana kelas kurang kondusif. Dan juga sarana prasarana yang masih kurang untuk menunjang pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pembelajaran, Fiqih |
Subjects: | Fiqih Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Aug 2021 02:52 |
Last Modified: | 27 Aug 2021 02:52 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4975 |
Actions (login required)
View Item |