Rahmawati, Nining Fitri (2021) Penggunaan Media pop up dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas X di MA Matholi’ul Falah Sumanding Kembang Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (275kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (460kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (556kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (813kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (417kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (412kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (442kB) |
Abstract
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Bagaimana rencana pembelajaran penggunaan media pop up di MA Matholi’ul Falah Sumanding (2) Bagaimana penggunaan media pop up dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X di MA Matholi’ul Falah Sumanding Kembang Jepara (3) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat penggunaan media pop up dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas X di MA Matholi’ul Falah Sumanding Kembang Jepara. Jenis penelitian ini adalah field research yaitu penelitian yang dilakukan di lapangan atau di lingkungan tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualititatif. Sementara metode pengumpulan datanya melalui observasi, dokumentasi dan wawancara yang diperoleh dari informan yang terkait dengan penelitian. Sedangkan analisis datanya menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian dan pemaparan analisis yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa: 1) Rencana pembelajaran menggunakan media pop up di MA Matholi’ul Falah Sumanding dilakukan dengan beberapa tahap diantaranya mendesain tema, melakukan gambar ilustrasi dan melakukan desain gaya tampilan. Sementara alat yang dapat membantu untuk desain media pop-up terdiri dari gunting, cutter, penggaris, mesin print dan laptop. Pada bahan terdiri dari art paper A3. Art paper A2, kertas karton, double tape, lem, pensil dan sketch book A3. Menyiapkan kertas gambar A3 dan melipatnya menjadi dua bagian untuk membuat thumbnail dan dummy. 2) Penggunaan media pop-up di MA Matholi’ul Falah Sumanding secara konkrit melalui beberapa langkah diantaranya; langkah persiapan guru, langkah persiapan kelas penyajian, langkah penyajian media pop-up book, dan langkah lanjutan atau aplikasi. (3) Komponen pembelajaran disekolah yang sangat crucial adalah hadirnya media pembelajaran. Sementara factor yang mempengaruhi terhadap pembelajaran dikelompokkan menjadi dua, yakni faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan media pembelajaran visual pop-up pada Materi Haji. Oleh karena itu faktor pendukungnya diantaranya; tersedianya sarana di sekolah, tersedianya waktu, minat dan respon siswa serta kedisiplinan guru. Sedangkan faktor penghambatnya diantaranya; siswa yang tidak membawa buku, suasana kelas ramai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pop Up Book, Media Pembelajaran, Materi Haji |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 27 Aug 2021 03:04 |
Last Modified: | 27 Aug 2021 03:04 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4978 |
Actions (login required)
View Item |