Hubungan Karakteristik Guru dengan Kepuasan Peserta didik dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati Tahun Pelajaran 2019/2020

Faishol, Arif (2021) Hubungan Karakteristik Guru dengan Kepuasan Peserta didik dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (619kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (615kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (731kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan karakteristik guru, menjelaskan kepuasan peserta didik, dan menganalisis ada hubungan atau tidaknya antara karakteristik guru dengan kepuasan anak dalam proses belajar mengajar di Madrasah Aliyah Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah field research, yaitu suatu jenis penelitian yang dilakukan di kancah langsung terjadinya peristiwa untuk memperoleh data riil. Sedangkan pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan analisis statistic. dalam penelitian ini sampelnya 40 peserta didik atau 38% dari jumlah populasi. Dalam analisis ini peneliti memasukkan hasil perolehan nilai angket karakteristik guru dan nilai angket kepuasan peserta didik dalam proses pembelajaran ke dalam tabel distribusi frekuensi untuk memudahkan perhitungan dalam pengolahan data selanjutnya. Langkah selanjutnya dari nilai hasil penskoran dari dua data tersebut dalam tabel distribusi frekuensi dengan pengolahan sepenuhnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Karakteristik Guru di Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati Tahun Pelajaran 2019/2020 menunjukkan bahwa karakteristik guru MA Sirojul Huda Pasuruan dengan kategori sangat baik terdapat 20 % kategori baik terdapat 55% kategori cukup baik terdapat 22% dan kategori kurang baik terdapat 3%. 2) Kepuasan peserta didik di Madrasah Aliyah Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati Tahun Pelajaran 2019/2020 menunjukkan bahwa kepuasan siswa MA Sirojul Huda dalam proses pembelajaran dengan kategori sangat tinggi terdapat 47,5 % kategori tinggi terdapat 47,5% dan kategori sedang terdapat 5%. 3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara Karakteristik Guru dengan Kepuasan Peserta didik dalam pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Aliyah Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji thitung = 7,170 lebih besar disbanding dengan ttabel = 2.02108, dan hal tersebut menunjukkan H1 diterima; jadi antara karakteristik guru dengan kepuasan siswa memiliki hubungan yang positif. Artinya semakin baik karakteristik guru, maka semakin meningkat pula kepuasan siswa. Sebaliknya semakin kurang baik karakteristik guru, maka kepuasan siswa akan menurun. Karakteristik guru memiliki hubungan yang kuat terhadap kepuasan siswa MA Sirojul Huda Pasuruhan Kayen Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik Guru, Kepuasan Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 30 Aug 2021 02:58
Last Modified: 30 Aug 2021 02:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4984

Actions (login required)

View Item View Item