Penanaman Nilai Religius Pada Siswa Dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII Di MTs. Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus

Anisa, Dewi (2021) Penanaman Nilai Religius Pada Siswa Dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII Di MTs. Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (339kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (373kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (476kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (705kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (301kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (551kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (359kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)

Abstract

Pembelajaran aqidah akhlak di MTs Nahdlatul Muslimin memberikan pengetahuan, penghayatan, dan keyakinan kepada peserta didik akan hal-hal yang harus diimani, sehingga tercermin dalam sikap dan tingkah lakunya. Mengamalkan akhlak yang baik dan menjauhi akhlak yang buruk. Dalam hubungannya dengan Allah, dengan dirinya sendiri, dengan sesama manusia. Maupun dengan alam lingkunganya. Namun masih ada peserta didik yang melakukan perbuatan yang mencerminkan akhlak buruk. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Nilai Religius yang ditananamkan Pada Siswa Dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak dan Mengetahui Proses Penanaman Nilai Religius Pada Siswa Dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak serta Faktor Pendukung dan penghambat dalam Penanaman Nilai Religius Pada Siswa Dalam Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII Di MTs. Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Jenis Penelitian pada skripsi ini menggunakan jenis penelitian, penelitian lapangan (field researh), pendekatan penelitian kualitataif untuk dapat memperoleh data-data yang diperlukan. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran aqidah akhlak dan siswa kelas VIII MTS Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus. Teknik Pengumpulan data menggunakan Metode Wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil Penelitian dapat disimpulkan bahwasanya nilai-nilai religius yang ditanamkan pada siswa dalam mata pelajaran Aqidah akhlak kelas VIII di MTs. Nahdlatul Muslimin Undaan Kudus, yaitu Jujur, Ikhlas, Tanggung jawab (amanah), al-ukhuwah dan at-tawadhlu. Dan dalam Proses pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak terdiri dari kegaiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan penutup dengan menggunkan metode ceramah dan tanya jawab. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat dalam penanaman nilai religius pada siswa dalam mata pelajaran aqidah akhlak kelas VIII yaitu faktor internal seperti mengunakan metode yang tepat, kondisi anak yang bersemangat, antusias, dan siap belajar, sedangkan faktor eksternal yaitu lingkungan keluarga, sekolah dan masyrakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai Religius, Siswa dan Aqidah akhlak
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 30 Aug 2021 03:22
Last Modified: 30 Aug 2021 03:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4989

Actions (login required)

View Item View Item