Penggunaan Metode Numbered Head Together dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Materi Akar Kuadrat pada Siswa Kelas V di MI NU Raudlotul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus

As-Shiddiqoh, Zakiyah (2021) Penggunaan Metode Numbered Head Together dalam Proses Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Materi Akar Kuadrat pada Siswa Kelas V di MI NU Raudlotul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (383kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (545kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (483kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (315kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (719kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (353kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi metode numbered head together dalam proses pembelajaran mata pelajaran Matematika materi akar kuadrat pada siswa kelas V di MI NU Raudlotul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penggunaan metode numbered head together dalam proses pembelajaran mata pelajaran Matematika materi akar kuadrat pada siswa kelas V di MI NU Raudlotul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus dan untuk mengetahui solusi mengatasi kendala penggunaan metode numbered head together dalam proses pembelajaran mata pelajaran Matematika materi akar kuadrat pada siswa kelas V di MI NU Raudlotul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data dalam penelitian ini adalah berbagai literatur berupa buku-buku, jurnal maupun artikel yang membahas tentang metode numbered head together, prestasi belajar, matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah data collection (pengumpulan data), data reduction (reduksi data), data display (penyajian data) dan conclusion drawing (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode numbered head together dalam proses pembelajaran mata pelajaran Matematika materi akar kuadrat pada siswa kelas V di MI NU Raudlotul Wildan Ngembalrejo Bae Kudus yaitu guru membagi kelas 4 kelompok mengenai materi akar kuadrat dasar. Setelah kelompok terbentuk guru mengajukan beberapa pertanyaan yang harus dijawab oleh tiap-tiap kelompok. Langkah berikutnya adalah guru memanggil peserta didik yang memiliki nomor yang sama dari tiap-tiap kelompok. Berdasarkan jawaban-jawaban itu guru dapat mengembangkan diskusi lebih mendalam, sehingga peserta didik dapat menemukan jawaban pertanyaan itu sebagai pengetahuan yang utuh. Faktor pendukung meliputi jumlah siswa yang proporsional dan kelengkapan sarana dan prasarana di sekolah. Sedangkan faktor penghambat antara lain keterbatasan waktu dan kurang aktifnya siswa dalam satu kelas. Sedangkan untuk mengatasi penghambat solusinya adalah dengan membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang lebih kecil agar lebih mudah pengaturannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Numbered Head Together, Prestasi Belajar, Matematika Akar Kuadrat
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:25
Last Modified: 01 Sep 2021 04:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5024

Actions (login required)

View Item View Item