Implementasi Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Dalam Kegiatan TPQ Untuk Membentuk Keterampilan Membaca Peserta Didik Di MI Manba’ul Ulum Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Ajaran 2020/2021

Fitriyani, Nanik (2021) Implementasi Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Dalam Kegiatan TPQ Untuk Membentuk Keterampilan Membaca Peserta Didik Di MI Manba’ul Ulum Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (510kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (295kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (692kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (738kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (414kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (835kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (287kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya peserta didik yang belum mampu membaca Al-Qur’an sesuai kaidah ilmu tajwid secara baik dan benar. Pembiasaan membaca Al-Qur’an dalam kegiatan TPQ menjadikan peserta didik mampu membaca Al-Qur’an sesuai kaidah ilmu tajwid yang diterapkan di madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pembiasaan membaca Al-Qur’an dalam kegiatan TPQ untuk membentuk keterampilan membaca peserta didik di MI Manba’ul Ulum. Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi pembiasaan membaca Al-Quran dalam kegiatan TPQ untuk membentuk keterampilan membaca peserta didik di MI Manba’ul Ulum, dan untuk mendeskripsikan solusi faktor penghambat implementasi pembiasaan membaca Al-Quran dalam kegiatan TPQ untuk membentuk keterampilan membaca peserta didik di MI Manba’ul Ulum Raguklampitan Batealit Jepara. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi terus terang atau tersamar, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Adapun untuk uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan serta triangulasi. Selanjutnya peneliti menggunakan teknik analisis berupa reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Implementasi pembiasaan membaca Al-Qur’an dibiasakan setiap hari, peserta didik membaca Al-Qur’an melalui bimbingan langsung dari para ustadzah dan didukung oleh buku prestasi sebagai tolak ukur hasil evaluasi peserta didik. Pembiasaan membaca Al-Qur’an sebagai keterampilan membaca, sebab dalam pembiasaan ini peserta didik sudah mengimplementasikan membaca Al-Qur’an dalam kehidupan sehari-hari secara baik dan benar. (2) Faktor pendukung pembiasaan ini yaitu lingkungan sekitar, fasilitas yang memadai dan evaluasi hasil akhir. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu IQ anak dibawah rata-rata dan perubahan mood yang terjadi pada peserta didik.(3) Adapun solusinya mengikuti MGMP dan melakukan pendekatan dan bimbingan khusus kepada peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Membaca Al-Qur’an Dalam Kegiatan TPQ, Keterampilan Membaca
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Sep 2021 01:52
Last Modified: 02 Sep 2021 01:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5027

Actions (login required)

View Item View Item