Implementasi Metode Pembelajaran Team Quiz dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas IV di MI Miftahul Hidayah Jinggotan Kembang Jepara Tahun Ajaran 2020/2021

Hana, Nailal (2021) Implementasi Metode Pembelajaran Team Quiz dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) Kelas IV di MI Miftahul Hidayah Jinggotan Kembang Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (693kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (346kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (386kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (539kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (492kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (908kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (371kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (449kB)

Abstract

Penggunaan metode Team Quiz dalam meningkat partisipasi belajar yang awalnya pembelajaran PKn kurang menarik dan monoton. Penelitian ini bertujuan 1) untuk mendiskripsikan implementasi metode pembelajaran Team Quiz dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn, 2) untuk mendiskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam menggunakan metode Team Quiz dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik, dan 3) untuk mengidentifikasi solusi mengatasi hambatan dalam menggunakan metode Team Quiz dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik mata pelajaran PKn kelas IV di MI Miftahul Hidayah Jinggotan Kembang Jepara Tahun Ajaran 2020/2021. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari penelitian ini sumber data primer dan data sekunder. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, guru kelas IV, dan peserta didik kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi partisipasi pasif, wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Dianalisis dengan reduksi data, penyajian data (data display), dan kesimpulan (verifikasi). Sedangkan objek keabsahan datanya menggunakan uji kredibilitas data, pengujian transferability, pengujian depenability, dan pengujian confirmability. Penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Implementasi metode pembelajaran Team Quiz dalam meningkatkan partisipasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PKn kelas IV dengan merencanakan RPP, melaksanakan pembagian siswa dalam beberapa kelompok untuk melakukan pertandingan akademis (kuis), serta mengevaluasi melalui tanya jawab, hasil yang ditunjukkan adalah sikap berfikir kritis, berpartisipasi aktif dan antusias peserta didik dalam proses pembelajaran. 2) Pendukungnya meliputi: motivasi guru, minat dalam diri peserta didik, fasilitas yang mendukung, pendidik yang berkompeten, interaksi baik antara pendidik dan peserta didik, dan pemahaman karakter peserta didik. Sedangkan penghambatnya meliputi: perbedaan karakter dan tingkat intelegensi peserta didik, kurangnya minat dan mental peserta didik, dan manajemen kelas. 3) Solusi dalam mengatasi hambatannya yaitu: memberikan pengertian dan pengarahan, kepekaan guru terhadap peserta didik, dan inisiatif guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Team Quiz, Partisipasi Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan (PKn).
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Sep 2021 02:01
Last Modified: 02 Sep 2021 02:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5029

Actions (login required)

View Item View Item