Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI kelas 7 di MTs Darul Ulum Purwogondo Tahun Ajaran 2018/2019

Ahmad, Alfi Yudi Faisal (2019) Pengaruh Pendekatan Saintifik terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran SKI kelas 7 di MTs Darul Ulum Purwogondo Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (33MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (174kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap keaktifan belajar peserta didik, dan mengetahui kontribusi pendekatan saintifik terhadap keaktifan belajar peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas VII di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara Tahun Ajaran 2018/2019 Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis field research yaitu peneliti terjun langsung untuk mencari data. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pengambilan data penelitian ini menggunakan skala pengukuran pendekatan saintifik dan keaktifan belajar peserta didik. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 160 peserta didik kelas 7. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 114 peserta didik. Analisis penelitian ini menggunakan program SPSS V.25 for windows. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Pendekatan saintifik dalam kategori baik, yaitu 55 pada rentang interval 55-61. 2) Keaktifan belajar peserta didik kelas VII MTs Darul Ulum Purwogondo dalam kategori baik yaitu sebesar 59,53 pada rentang interval 54 - 63,25. Sedangkan pada uji hipotesis pengaruh pendekatan saintifik mampu meningkatkan keaktifan belajar peserta didik kelas VII di MTs Darul Ulum Purwogondo menunjukkan nilai t hitung sebesar 4,339 dengan signifikan 0,000. Karena nilai signifikan 0,000 < 0,05, maka pernyataan tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh yang signifikan pendekatan saintifik terhadap keaktifan belajar peserta didik dengan persamaan regresi Ŷ = 27,471+ X. Adanya pendekatan saintifik ini memiliki hubungan yang positif sebesar 0,379 yang termasuk dalam kategori rendah dan dapat memberi kontribusi bagi peserta didik dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik sebesar 14,4%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Saintifik, Kekatifan Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:35
Last Modified: 07 Sep 2021 03:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5084

Actions (login required)

View Item View Item