Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Sparkol Videoscribe Di MTs Materi Sejarah Berdirinya Dinasti Abbasiyah

Al Faromasy, Zu’amaul Wafa (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Sparkol Videoscribe Di MTs Materi Sejarah Berdirinya Dinasti Abbasiyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (659kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (736kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (854kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (931kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (630kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi pandemi saat ini melanda dunia termasuk indonesia yang mengakibatkan pendidikan di indonesia terganggu dan didasarkan oleh kemajuan teknologi pada dunia pendidikan yang belum dimanfaatkan secara optimal. Rendahnya ketertarikan peserta didik dalam membaca buku pelajaran SKI berbentuk buku paket serta LKS membuat peserta didik malas untuk menekuni pelajaran SKI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada materi sejarah berdirinya dinasti abbasiyah dan untuk mengetahui respon peserta didik terhadap kemenarikan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada materi sejarah berdirinya dinasty abbasiyah jenjang MTs. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sugiono. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berbentuk angket yang diberikan kepada ahli media, ahli materi, dan pendidik serta respon peserta didik. Langkah yang digunakan pada penelitian ini yaitu : (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Design produk , (4) Validasi design, (5) Perbaikan Design, (6) Uji coba design, (7) Revisi Produk. Hasil penelitian ini ialah menghasilkan produk berbentuk media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada materi sejarah berdinya dinasti abbasiyah pada jenjang MTs. Kriteria yang didapat dari ahli materi yakni sangat layak dengan persentase 89%, serta kriteria yang didapat dari ahli media yakni sangat layak dengan persentase 90%, respon pendidik dengan persentase 85,75% dalam kategori sangat layak, serta respon peserta didik pada media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada materi sejarah berdirinya dinasti abbasiyah pada hasil uji coba kelompok kecil dengan persentase 83% dengan kriteria sangat menarik dan uji coba lapangan dengan persentase 86% dengan kriteria sangat menarik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Sep 2021 02:52
Last Modified: 09 Sep 2021 02:52
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5088

Actions (login required)

View Item View Item