Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas VII MTs Sunan Prawoto Sukolilo Pati

Ningrum, Salsafira Pramesti (2021) Peran Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas VII MTs Sunan Prawoto Sukolilo Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (314kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (283kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (538kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (843kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (416kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (611kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (295kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (333kB)

Abstract

Motivasi menjadi suatu instrument yang penting untuk siswa. Motivasi sangatlah penting terutama didalam dunia pendidikan. Karena dengan motivasi proses pembelajaran akan dapat sampai kepada tujuan pendidikan. Permasalahan yang dijumpai dalam suatu pembelajaran adalah kurangnya motivasi belajar siswa yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTs Sunan Prawoto Sukolilo Pati. Sehingga dalam penelitian ini akan membahas tentang (1) Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTs Sunan Prawoto Sukolilo Pati. (2) Peran guru sebagai perencana dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTs Sunan Prawoto Sukolilo Pati. (3) Peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTs Sunan Prawoto Sukolilo Pati. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peran guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar anak pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTs Sunan Prawoto Sukolilo Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (Field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Hasil penelitian penelitian peran guru SKI dalam meningkatkan motivasi belajar anak mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTs Sunan Prawoto Sukolilo Pati dapat disimpulkan yaitu: (1) Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTs Sunan Prawoto Sukolilo Pati dapat dijabarkan bahwa peran guru sebagai pendidik yaitu membentuk suatu kedisiplinan dan memberikan hukuman kepada siswa yang melanggar saat proses pembelajaran yang bersifat mendidik (2) Peran guru SKI sebagai perencana dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu guru Sejarah Kebudayaan Islam membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sebagai pegangan guru dalam menyiapkan model dan strategi agar pembelajaran dapat berlangsung dengan efektif dan nyaman siswa dapat semangat dan hasil belajar dapat meningkat (3) Peran guru sebagai pembimbing dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTs Sunan Prawoto Sukolilo Pati mampu membimbing dalam proses pembelajaran dengan baik. Peran guru sebagai pendidik, perencana, dan pembimbing terpenuhi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Motivasi Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Sep 2021 03:33
Last Modified: 13 Sep 2021 03:33
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5117

Actions (login required)

View Item View Item