Dewi, Aang Riana (2021) Analisis Strategi Marketing Syariah Untuk Mencapai Loyalitas Konsumen (Studi Kasus: CV. Seleksi Alam Muria). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (291kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (311kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (601kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (734kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (506kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (930kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (470kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (404kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi marketing yang dilakukan di CV. Seleksi Alam Muria dalam memasarkan produknya, bagaimana kekurangan serta kelebihan dari strategi marketing yang digunakan CV. Seleksi Alam Muria dan bagaimana cara perusahaan mencapai loyalitas konsumen. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung oleh peneliti. Teknik analisis data dengan menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bentuk strategi marketing mix yang dilakukan CV. Seleksi Alam Muria sesuai dengan konsep marketing mix yaitu product, price, place, promototion yang termuat dalam bentuk strategi berikut: pertama, good value product berupa bahan baku yang berkualitas, legalitas yang lengkap dan pengolahan produk sesuai dengan standarisasi yang berlaku. Kedua, harga yang kompetitif selaras dengan value yang dimiliki perusahaan. Ketiga, tempat strategis yang masih satu jalur dengan makam Sunan Muria sehingga memudahkan akses konsumen untuk menjangkau produk. Keempat, promosi yang dimaksimalkan perusahaan mellaui sosial media, marketplace dan pelayanan yang berbasis kekeluargaan. Kelebihan strategi marketing yang dilakukan CV. Seleksi Alam Muria yaitu: pertama, startegi sesuai dengan karakter produk berbasis religius. Kedua, Strategi yang diterapkan perusahaan selalu berusaha memberikan produk yang halal dan thoyyib yang dilakukan perusahaan dengan cara melengkapi legalitas perusahaan dan mengolah produk sesuai dengan standarisasi yang berlaku sebagai jaminan kualitas produk kepada konsumen. Ketiga, Strategi yang dilakukan berbasis syariah menjadi semakin maksimal dengan branding dari buah Parijotho sebagai Primadona Muria. Keempat, strategi perusahaan yaitu selalu mengedepankan etika pelayanan dengan menerapkan prinsip kinship atau kekeluargaan dalam prosesnya. Sementara kekurangan strategi yang diterapkan yaitu: pertama, pandemi membuat akses promosi secara offline menjadi terbatas. Kedua, harga yang kompetitif menjadi melemah ketika ada competitor produk sejenis yang perang harga. Loyalitas konsumen dapat dicapai perusahaan dengan memaksimalkan strategi marketing mix syariah yang dipadukan dengan pelayanan berbasis kinship sesuai dengan slogan perusahaan dan sesuai dengan visi perusahaan yang berbasis spiritual company sehingga marketing yang dilakukan CV. Seleksi Alam Muria menjadi ciri khas yang diingat oleh konsumen sebagai brand spiritual yang unik dan hal inlah yang menjadi dasar konsumen merasa “memiliki perusahaan” dan loyal terhadap perusahaan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi, Marketing Syariah, Loyalitas Konsumen |
Subjects: | 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen Bisnis > Manajemen 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 14 Sep 2021 03:06 |
Last Modified: | 14 Sep 2021 03:06 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5121 |
Actions (login required)
View Item |