Analisis Efektivitas Proses Pembelajaran Daring pada Progam Studi Tadris Biologi IAIN Kudus Tahun 2019/2020

Fadella, Cheppy (2021) Analisis Efektivitas Proses Pembelajaran Daring pada Progam Studi Tadris Biologi IAIN Kudus Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 COVER sampai. KATA PENGANTAR fix.pdf

Download (679kB)
[img] Text
2. ABSTRAK fix.pdf

Download (264kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI fix.pdf

Download (274kB)
[img] Text
4 BAB I fix.pdf

Download (400kB)
[img] Text
5 BAB II fix.pdf

Download (475kB)
[img] Text
6 BAB III fix.pdf

Download (285kB)
[img] Text
7 BAB IV fix.pdf

Download (506kB)
[img] Text
8 BAB V fix.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA fix.pdf

Download (494kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu berdasarkan pengalaman peneliti dan mahasiswa lainnya terkait efektivitas proses pembelajaran daring pada semester genap 2019 belum maksimal. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini yaitu untuk menjelaskan secara detail gambaran proses pembelajaran daring dan efektivitas pembelajaran daring pada Progam Studi Tadris Biologi IAIN Kudus. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Tadris Biologi IAIN Kudus angkatan tahun 2017-2019 yang berjumlah 196. Hasil penelitian ini diperoleh, 1) gambaran proses pembelajaran daring pada Progam Studi Tadris Biologi IAIN Kudus yaitu interaksi dosen dan mahasiswa saat pembelajaran daring tetap berjalan meskipun mendapatkan gangguan jaringan internet. Berbagai aplikasi yang digunakan sebagai media pembelajaran daring untuk mendukung proses pembelajaran daring meliputi aplikasi WhatsApp, Google Meet, Classroom, Youtube dan Virtual Class. Bentuk penyampaian materinya beragam seperti menggunakan bantuan PowerPoint, video pembelajaran dan microsoft Word. Cara penyampaian materinya menggunakan tiga cara yaitu mahasiswa sebagai pemateri, dosen sebagai pemateri dan penugasan. 2) Analisis efektivitas pembelajaran daring pada Progam Studi Tadris Biologi IAIN Kudus dinilai sudah efektif karena mahasiswa memberikan respon positif terkait aplikasi, infrastruktur dan regulasi. Sementara respon negatif terkait efektivitas modul ini menjadi bahan masukan lebih khususnya kepada mahasiswa agar fokus mengikuti pembelajaran daring dan memanfaatkan waktu luang untuk belajar. Sehingga, kemudahan materi pembelajaran daring dirasakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pembelajaran Daring, dan Proses Pembelajaran.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Sep 2021 03:37
Last Modified: 14 Sep 2021 03:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5125

Actions (login required)

View Item View Item