Analisis Problematika Pendidik Dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MA Darul Huda Mlagen Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang

Khozin, Ahmad (2021) Analisis Problematika Pendidik Dalam Melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 Di MA Darul Huda Mlagen Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
Cover.pdf

Download (825kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (349kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (487kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (709kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (407kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (932kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (487kB)

Abstract

Jenis penelitian ini adalah peneliian deskriptif kualitatif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1.) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19 di MA Darul Huda Mlagen Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang 2.) Apa saja problematika yang dihadapi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19 di MA Darul Huda Mlagen Kecamatan pamotan Kabupaten Rembang 3). Bagaimana upaya pendidik dalam -19 mengatasi problematika yang muncul dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid di MA Darul Huda Mlagen Kecamatan Pamotan Kabuupaten Rembang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik analisis yang digunakan meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Adapun hasil dari penelitian tersebut diantaranya adalah sebagai berikut, 1). Pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di MA Darul Huda Mlagen Kecamatan Pamotan Kabupaten Rembang pada masa pandemi Covid-19 dilakukan secara daring dengan melalui google classroom dan aplikasi whatsapp. Aktifitas pembelajaran dilakukan dengan menggunakan metode penugasan. Sedangkan evaluasi terhadap hasil belajar peserta didik dilakukan melalui kegiatan ulangan harian, PTS, dan PAS. 2). Problematika yang dihadapi oleh para pendidik dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi covid-19 yaitu, rendahnya tingkat kesadaran peserta didik dalam mengikuti aktifitas pembelajaran, ketersediaan fasilitas yang kurang memadai, tingkat penguasaan peserta didik di bidang IT yang masih rendah, kualitas jaringan internet yang kurang stabil, kurangnya keterampilan guru dalam menyajikan bahan ajar yang menarik dengan teknologi, keterbatasan guru dalam memantau perkembangan peserta didik, serta kurangnya peran orang tua dalam mendampingi putra putrinya pada aktifitas pembelajaran. 3). Upaya yang dilakukan untuk mengatasai problematika yang dihadapi guru dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh yaitu, dengan melakukan sosialisasi kepada orang tua peserta didik, menyediakan layanan wifi, meningkatkan kompetensi guru dalam bidang IT, melakukan metode penugasan, memberikan subsidi kuota internet kepada guru dan peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problematika, Pendidik, Pembelajaran Jarak Jauh
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:21
Last Modified: 14 Sep 2021 04:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5127

Actions (login required)

View Item View Item