Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Peserta Didik Melalui Kitab Mitra Sejati di Madrasah Diniyah Imaduddiniyyah Medini Gajah Demak

Khomariyah, Sulfatun (2019) Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Peserta Didik Melalui Kitab Mitra Sejati di Madrasah Diniyah Imaduddiniyyah Medini Gajah Demak. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (846kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (397kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (603kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (783kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (501kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (744kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (363kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (389kB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam pembahasan ini adalah (1) Untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran akhlak kitab Mitra Sejati di Madrasah Diniyah Imaduddiniyyah Medini Gajah Demak.(2) Untuk mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak peserta didik melalui kitab Mitra Sejati di Madrasah Diniyah Imaduddiniyyah Medini Gajah Demak. (3) Untuk mengetahui faktor yang mendorong dan menghambat dalam upaya pembentukan akhlak peserta didik melalui kitab Mitra Sejati di Madrasah Diniyah Imaduddiniyyah Medini Gajah Demak. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan ( field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan kepala madrasah, guru pengampu Kitab Mitra Sejati, 3 peserta didik kelas 2 Ula, observasi di Madrasah Diniyah Imaduddiniyyah Medini Gajah Demak, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dengan perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, mengadakan member check, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data dengan menggunakan data collection, data reduction, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan pembelajaran akhlak kitab Mitra Sejati di Madrasah Diniyah Imaduddiniyyah Medini Gajah Demak dilaksanakan seminggu sekali. Guru menjelaskan maksud dari satu persatu syi’iran dengan cara ceramah, cerita dan tanya jawab kepada peserta didik. Untuk pelaksanaan evaluasinya yaitu dengan cara tertulis dan cara lisan. Cara tertulisnya melalui tahap ulangan harian, ikhtibar awal dan ikhtibar akhir. Sedangkan untuk evaluasi cara lisannya, dengan mengecek hafalan nahoman kitab Mitra Sejati sesuai target yang telah ditentukan oleh pihak Madrasah. 2) Implementasi nilai-nilai pendidikan akhlak peserta didik melalui kitab Mitra Sejati di Madrasah Diniyah Imaduddiniyyah Medini Gajah Demak yakni diterapkan melalui pembiasaan kepada peserta didik, diantaranya: a) Membiasakan peserta didik sopan santun dalam berbicara, berbusana dan bergaul baik di madrasah maupun di luar madrasah; b) Membiasakan peserta didik dalam hal tolong menolong, menghormati orang yang lebih tua; c) Membiasakan peserta didik bersikap ridha, optimis, percaya diri, menguasai emosi, tahan derita dan sabar dalam menghadapi cobaan; d) Membiasakan peserta didik berdoa sebelum dan sesudah pelajaran; e) Melaksanakan peringatan-peringatan hari besar Islam. 3) Faktor pendorong dan penghambat dalam pembentukan akhlak peserta didik di Madrasah Diniyah Imaduddiniyyah Medini Gajah Demak yaitu adanya faktor internal dan faktor eksternal. Faktor Internalnya yaitu berasal dari peserta didik itu sendiri. Sedangkan untuk faktor eksternalnya yaitu berasal dari guru dan lingkungan Madrasah terutama lingkungan kelas 2 Ula

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dan kitab Mitra Sejati
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 Sep 2021 01:42
Last Modified: 17 Sep 2021 01:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5177

Actions (login required)

View Item View Item