IMPLEMENTASI STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MA SALAFIYAH AHMAD SAID KIRIG MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Arif, Syamsul (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI QUESTION STUDENT HAVE UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH MA SALAFIYAH AHMAD SAID KIRIG MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (909kB)

Abstract

Strategi pembelajaran merupakan salah satu komponen yang harus diperhatikan oleh Guru sebelum memulai kegiatan mentransfer materi pembelajaran kepada peserta didik, karena strategi pembelajaran merupakan suatu teknik atau cara yang bisa digunakan Guru dalam melaksanakan proses pembelajaran agar dapat diserap oleh siswa sehingga bisa mencapai tujuan pembelajaran secara aktif dan kreatif. Berdasarkan keterangan di atas, dalam penyusunan skripsi ini rumusan yang diangkat adalah (a) implementasi strategi Question Student Have untuk meningkatkan kreatifitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih (b) faktor pendukung dan penghambat strategi implementasi Question Student Have untuk meningkatkan kreatifitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih. Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah melalui implementasi strategi Question Student Have untuk meningkatkan kreatifitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih diharapkan peserta didik dapat aktif dan kreatif serta meningkatkan rasa ingin tahu tentang hukum-hukum Islam. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran mengenai permasalahan yang sedang diteliti. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian dari pengolahan data tersebut bahwa implementasi strategi Question Student Have untuk meningkatkan kreatifitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Salafiyah Ahmad Said Krirg Mejobo Kudus adalah dengan cara peserta didik disuruh untuk membuat pertanyaan dikertas yang kemudian akan dijawab oleh guru. Di mana pertanyaan yang sudah dijawab dikembalikan kepada pemiliknya dan diberi tanda ceklis (√) pada kertasnya. Sedangkan faktor pendukung dan penghambat strategi Question Student Have untuk meningkatkan kreatifitas belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Salafiyah Ahmad Said Kirig Mejobo Kudus adalah (a) faktor pendukung meliputi, adanya rasa ingin tahu peserta didik untuk mengetahui hukum-hukum Islam dan adanya pelatihan khusus yang diadakan oleh pihak Madrasah untuk guru mata pelajaran Fiqih. (b) faktor penghambat, antara lain kurangnya fasilitas sarana pembelajaran yaitu alat praktik dan alokasi waktu pembelajaran Fiqih yang terbatas. Saran dari peneliti adalah guru mata pelajaran Fiqih diharapkan dapat memanfaatkan media yang ada dan menerapkan strategi pembelajaran dengan baik. Dan untuk peserta didik hendaknya lebih aktif dan kreatif serta memperhatikan guru dalam menyampaikan pembelajaran. Keyword : Strategi, Question, Student, Have, Kreatifitas, Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 03:41
Last Modified: 11 Feb 2017 03:41
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/518

Actions (login required)

View Item View Item