Solikhah, Iin Rinatus (2021) Pendidikan Akhlak Melalui Pembiasaan Pembacaan Qolbul Qur’an di MI Terpadu Al Falah Kalinyamatan Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa MI Terpadu Al Falah Kalinyamatan Jepara mempunyai program unggulan dengan membiasakan membaca Qolbul Quran untuk membentuk akhlak yang baik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan akhlak melalui pembiasaan pembacaan Qolbul Qur’an sebagai amalan akhlak yang baik sesuai dasaran kitab Qolbul Qur’an di MI Terpadu Al-Falah Kalinyamatan Jepara, faktor pendukung dan penghambat serta upaya dalam kegiatan pembiasaan pembacaan Qolbul Qur’an. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu kepala madrasah, guru mata pelajaran Qolbul Qur’an dan santri kelas III pada tahun pelajaran 2020/2021. Teknik pengumpulan data dengan purposive sampling. Pengambilan data dikumpulkan dengan teknik wawancara semi tersruktur, observasi campuran (observasi partisipatori dan observasi non-partisipatori) dan studi dokumentasi. Pengujian keabsahan data penelitian ini melalui trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Proses analisis data dalam penelitian menggunakan teknik reduksi data, data display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terkait pendidikan akhlak melalui pembiasaan pembacaan Qolbul Qur’an di MI Terpadu Al Falah Kalinyamatan Jepara , yaitu: 1). Implementasi pendidikan akhlak melalui pembiasaan pembacaan Qolbul Qur’an yaitu; akhlak kepada Allah dengan membiasakan wudhu, berdoa sebelum dan sesudah belajar, dan melafalkan ayat-ayat Qolbul qur’an dengan baik dan benar, akhlak kepada orang tua diwujudkan dengan mematuhi arahan wali kelas dan membiasakan memberi salam kepada wali kelas, akhlak kepada orang lain diwujudkan dengan perilaku sopan dan santun kepada siswa lain dan guru dan akhlak kepada diri sendiri diwujudkan dengan membiasakan baris yang rapi, melaksanakan janji santri dan tanggung jawab setoran hafalan Qolbul Qur’an. 3). Faktor pendukung pembiasaan pembacaan Qolbul Qur’an adalah motivasi guru dan santri, keteladanan santri selama melakukan kegiatan serta peran orang tua dan lingkungan. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor kurangnya mengerahui hukum bacaan, kurangnya kesadaran santri selama kegiatan yang mereka kerjakan. Adapaun upaya yang dilakukan yaitu; mengajarkan hukum bacaan, dan nasihat dari guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Akhlak, Qolbul Qur’an. |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 Sep 2021 03:23 |
Last Modified: | 17 Sep 2021 03:23 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5193 |
Actions (login required)
View Item |