Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosio-Emosional Peserta Didik Di Kelas V MI NU Tarbiyatul Banatil Islamiyah Klumpit Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019

Khumaedah, Siti (2019) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosio-Emosional Peserta Didik Di Kelas V MI NU Tarbiyatul Banatil Islamiyah Klumpit Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (888kB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (295kB)
[img] Text
3.Daftar Isi.pdf

Download (145kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (394kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (495kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (534kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (557kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (180kB)
[img] Text
9.Daftar Pustaka.pdf

Download (195kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosio-emosional siswa di kelas V MI NU Tarbiyatul Banatil Islamiyah Klumpit Gebog Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Adapun tujuan dalam penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui tingkat pola asuh orang tua terhadap perkembangan siswa di kelas V MI NU Tarbiyatul Banatil Islamiyah Klumpit Gebog Kudus tahun pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mengetahui tingkat perkembangan sosio-emosional siswa di kelas V MI NU Tarbiyatul Banatil Islamiyah Klumpit Gebog Kudus tahun pelajaran 2018/2019. 3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pola asuh orang tua terhadap perkembangan sosio-emosional siswa di kelas V MI NU Tarbiyatul Banatil Islamiyah Klumpit Gebog Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu jenis penelitian field research dan pendekatannya adalah pendekatan kuantitatif. Teknik penentuan data, peneliti menggunakan teknik sampling jenuh. Adapun pengumpulan datanya menggunakan beberapa metode yaitu: observasi, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Tingkat Pola asuh orang tua di MI NU Tarbiyatul Banatil Islamiyah Klumpit Gebog Kudus tahun pelajaran 2018/ 2019 termasuk dalam pola asuh yang berbeda-beda dengan jumlah runs sebanyak 7, sedangan tingkat signifikansinya sebesar 0,110 untuk pola asuh orang tua. Jumlah runs sebanyak 11 terletak di antara harga r kecil (5) dan harga r besar (11), atau karena nilai asymptotic significant untuk metode card sort (0,110) lebih besar dari alpha (0,05). Dengan demikian Ho tidak dapat ditolak atau Ha ditolak. 2) Tingkat Perkembangan sosio-emosional peserta didik kelas V di MI NU Tarbiyatul Banatil Islamiyah Klumpit Gebog Kudus tahun pelajaran 2018/ 2019 perkembangannya berbeda-beda dengan jumlan runs sebanyak 7 terletak antara harga runs kecil sebesar 6 dan harga runs besar sebesar 10 dengan nilai taraf signifikansi 0,579. Sehingga pada hasil tersebut nilai Asymp Sig (2-tailed) > 0,05 (0,579 > 0,05) di nyatakan bahwa perkembangan sosio-emosianal peserta didik di kelas V diasumsikan dapat menerima µo.3) Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara pola asuh demokratis orang tua terhadap perkembangan sosio-emosional siswa kelas V di MI NU Tarbiyatul Banatil Islamiyah Klumpit Gebog Kudus tahun pelajaran 2018/2019 dengan persamaan regresi Ŷ = ¬ 126,465 – 1,711 X+ 0,015 X2

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola suh, Perkembangan, sosio emosional
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 20 Sep 2021 03:24
Last Modified: 20 Sep 2021 03:24
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5222

Actions (login required)

View Item View Item