Pengaruh Minat Baca Siswa Kelas XI Terhadap Keefektifan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Melalui Buku Modul di MA Hasyim Asy’ari Kalipucang Wetan Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020

LATIF, ABDUL (2019) Pengaruh Minat Baca Siswa Kelas XI Terhadap Keefektifan Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Melalui Buku Modul di MA Hasyim Asy’ari Kalipucang Wetan Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (373kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (363kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (569kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (736kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (453kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (686kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (410kB)

Abstract

Dalam proses belajar mengajar, minat baca siswa harus mempunyai daya dorong yang kuat dalam terwujudnya suatu kegiatan, minat baca besar pengaruhnya terhadap belajar. Karena bila bahan pelajaran yang dipelajari tidak sesuai dengan minat baca maka tidak ada daya tarik baginya. Guru berperan sebagai pengelola proses belajar mengajar, bertindak sebagai fasilitator yang berusaha menciptakan kondisi belajar mengajar yang efektif, agar pembelajaran menjadi efektif guru menggunakan modul karena modul sendiri dirancang untuk dapat dipelajari secara mandiri oleh peserta pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex-postfakto yang bertujuan untuk menemukan penyebab yang memungkinkan perubahan gejala dan fenomena yang disebabkan oleh suatu peristiwa. Data yang bersifat kuantitatif yakni skor kuesioner atau angket. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel jenuh. Dimana populasi tersebut juga digunakan sebagai pengambilan sampel. Maka sampel yang harus diambil dalam penelitian ini berjumlah 57 siswa. Pada penelitian ini, siswa kelas XI MA Hasyim Asy’ari diminta untuk mengisi angket mengenai minat baca terhadap keefektifan pembelajaran. Uji instumen dilakukan dengan uji validitas dan uji reabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji linieritas. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Minat baca siswa kelas XI di MA Hasyim Asy’ari pada kategori baik sebanyak 14 siswa (24,56%), berada pada kategori cukup sebanyak 38 siswa (66,67%), dan berada dalam kategori kurang baik sebanyak 5 siswa (8,77%). (2) Keefektifan pembelajaran alqur’an hadits melalui buku modul di MA Hasyim Asy’ari mayoritas dalam kategori cukup sebanyak 38 siswa (66,67 %). Artinya, pada dasarnya siswa menyukai membaca dengan modul akan tetapi lebih sering menggunakan LKS dikarenakan setelah membaca bisa langsung mengerjakan latihan soal di LKS tersebut. (3) Minat baca modul siswa kelas XI terhadap keefektifan pembelajaran di MA Hasyim Asy’ari welahan jepara mempunyai hubungan yang positif. Namun tingkat positifnya hanya dalam klasifikasi sangat rendah, yaitu terdapat dalam angka 0,00 – 0,199, sedangkan nilai hitung atau r hitung dalam uji korelasi hanya 0,266. Dengan begitu, prosentase yang didapatkan di MA Hasyim Asy’ari ini hanya 9 %. Jadi, hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan antara minat baca modul siswa dengan keefektifan pembelajaran kelas XI Hasyim Asy’ari namun berkorelasi sangat rendah. Setelah itu, kemudian Variabel X dan Y diujikan dengan rumus uji F, maka diketahui nilai Freg atau Fhitung sebesar 5,44 kemudian dibandingkan dengan nilai Ftabel dengan db = m sebesar 1, lawan N-M-1 = 57 – 1 – 1 = 55, ternyata harga Ftabel 5% = 3,16. Jadi nilai Freg lebih besar dari Ftabel (5,44 > 3,16). Serta ditunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 berarti minat baca siswa (X) terhadap keefektifan pembelajaran siswa (Y) kelas XI di MA Hasyim Asy’ari Kalipucang Wetan Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020 mempunyai pengaruh yang signifikan. Kesimpulannya adalah H0 ditolak, artinya “terdapat pengaruh yang signifikan antara minat baca siswa (X) terhadap keefektifan pembelajaran (Y) kelas XI di MA Hasyim Asy’ari Kalipucang Wetan Welahan Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat baca siswa, keefektifan pembelajaran, buku modul
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Sep 2021 01:47
Last Modified: 21 Sep 2021 01:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5229

Actions (login required)

View Item View Item