Pengaruh Strategi Mnemonic Device Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di MTs NU Raudlatut Tholibin Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019

Aminah, Siti (2019) Pengaruh Strategi Mnemonic Device Terhadap Kemampuan Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di MTs NU Raudlatut Tholibin Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (600kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (624kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (935kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (674kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (632kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui penerapan strategi mnemonic device pada mata pelajaran SKI. (2) Untuk mengetahui kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran SKI. (3) Untuk mengetahui pengaruh strategi mnemonic device terhadap kemampuan kognitif siswa pada mata pelajaran SKI. Adapun jenis penelitian ini termasuk field research dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Adapun lokasi penelitian di MTs NU Raudlatut Tholibin Jekulo Kudus yakni pada ruang kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari kelas VIII A dan VIII B sejumlah 44 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 44 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian yang diperoleh adalah 1) Penerapan strategi mnemonic device dalam mata pelajaran SKI dalam kategori baik yaitu 0,851. Hal ini dibuktikan bahwa angka 0,851 berada dalam kriteria atau rentang 0,71 – 0,90. 2) Terdapat pengaruh signifikan antara penerapan strategi mnemonic device terhadap kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran SKI yaitu diperoleh korelasi antara kedua variabel tersebut sebesar 0,779 dengan n = 44 adalah 0,297 yaitu (0,779 > 0,297). Hal ini dibuktikan bahwa angka 0,779 berada dalam kriteria atau rentang 0,71 – 0,90 yang artinya hubungan atau pengaruh kedua variabel tersebut kuat atau tinggi. Dan diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,607. Hal ini berarti 60,7% kemampuan kognitif dipengaruhi oleh penerapan strategi mnemonic device, melalui persamaan regresi Ŷ = 24,858+ 0,623X. Sisanya 39,3% dipengaruhi oleh faktor lain. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penggunaan strategi mnemonic device dengan kemampuan kognitif siswa dalam mata pelajaran SKI yaitu diperoleh korelasi antara kedua variabel tersebut sebesar 0,866 dengan n = 44 adalah 0,297 yaitu (0,866 > 0,297). Hal ini dibuktikan bahwa angka 0,866 berada dalam kriteria atau rentang 0,71 – 0,90 yang artinya hubungan atau pengaruh kedua variabel tersebut kuat atau tinggi. Dan diperoleh koefisien determinasi sebesar 0,750. Hal ini berarti 75% kemampuan kognitif dipengaruhi oleh penerapan strategi mnemonic device, melalui persamaan regresi Ŷ =12,847 + 0,558X. Sisanya 25% dipengaruhi oleh faktor lain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi, Mnemonic Device, Kemampuan Kognitif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Sep 2021 02:01
Last Modified: 21 Sep 2021 02:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5232

Actions (login required)

View Item View Item