Wasfiyah, Milchatul (2019) Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di MI NU Maslakul Falah Undaan Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
FILE 01. COVER - PENGANTAR.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 02. ABSTRAK.pdf Download (458kB) |
|
Text
FILE 03. DAFTAR ISI.pdf Download (380kB) |
|
Text
FILE 04. BAB I.pdf Download (846kB) |
|
Text
FILE 05. BAB II.pdf Download (858kB) |
|
Text
FILE 06. BAB III.pdf Download (525kB) |
|
Text
FILE 07. BAB IV.pdf Download (497kB) |
|
Text
FILE 08. BAB V.pdf Download (458kB) |
|
Text
FILE 09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (398kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Penerapan Supervisi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di MI NU Maslakul Falah Undaan Kudus Tahun Ajaran 2019/2020, 2). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Di MI NU Maslakul Falah Undaan Kudus Tahun Ajaran 2019/2020, 3) Pelaksanaan Supervisi Kepala Madrasah Untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Di MI NU Maslakul Falah Undaan Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap instansi pendidikan yang terkait yaitu MI NU Maslakul Falah Undaan Kudus. Sumber data yang diperoleh dari kepala madrasah, guru dan siswa. Selanjutnya data disajikan dan dianalisis kemudian diverifikasi atau disimpulkan. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Supervisi akademik kepala madrasah di MI NU Maslakul Falah Tahun Ajaran 2019/2020, menurut peneliti dapat dikategorikan cukup efektif. Hanya saja waktu pelaksanaannya kurang maksimal yaitu satu bulan sekali, teknik yang digunakan adalah teknik individual dengan supervisi kunjungan kelas dan observasi kelas yang dilakukan kepala madrasah, pertemuan individu dan evaluasi diri, serta instrument pengumpulan data yang dipakai yaitu berupa daftar penilaian supervisi, 2) Peningkatan kompetensi pendagogik guru di MI NU Maslakul Falah Tahun Ajaran 2019/2020, menurut peneliti dikategorikan signifikan. Hal ini terlihat dari beberapa pencapaian yang tampak dari guru seperti guru merasa termotivasi untuk meningkatkan kompetensinya dalam mengelola pembelajaran, guru juga menyadari tugasnya sebagai profesi keguruan untuk melengkapi administrasi sebelum KBM, 3) Pelaksanaan supervisi kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru di MI NU Maslakul Falah Tahun Ajaran 2019/2020, menurut peneliti dapat diktegorikan efektif dan signifikan karena sudah sesuai dengan tahapan supervisi hal ini terlihat pada pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah yaitu melalui tahapan Pra observasi (pertemuan awal), Observasi (pengamatan pembelajaran), Pasca observasi (pertemuan balikan). Dengan demikian hal ini dibuktikan dengan nilai rata-rata supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru diatas nilai rata-rata standart yang ditentukan oleh kepala madrasah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi Kepala Madrasah, Kompetensi Pedagogik |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 02:06 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 02:06 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5233 |
Actions (login required)
View Item |