Nafisah, Fitrotun (2019) Peran Kepala Sekolah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Profesionalitas Guru Dan Kualitas Pendidikan di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER - KATA PENGANTARdf.pdf Download (625kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (275kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (265kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (373kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (513kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (338kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (469kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (275kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (293kB) |
Abstract
Tujuan penelitian dalam pembahasan ini adalah 1) untuk mengetahui peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru dan kualitas pendidikan di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. 2) untuk mengetahui profesionalitas guru dan kualitas pendidikan di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan kepala sekolah, waka kurikulum, 2 guru PAI, dan salah satu siswa. Observasi di MA NU Ibtidaul Falah, dokumentasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif, yaitu: pengumpulan data (data collection), reduksi data (data reduction) hal-hal pokok yang berkaitan dengan usaha kepala sekolah dalam meningkatkan profesionalitas guru dan kualitas pendidikan melalui supervisi , penyajian data (data display)) dan kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Peran kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan profesionalitas guru dan kualitas pendidikan di MA NU Ibtidaul Falah Samirejo Dawe Kudus sudah dilaksanakan, yaitu: Mengkoordinir seluruh kegiatan belajar mengajar dengan melaksanakan pengawasan dan mejalin komunikasi yang intens terhadap warga sekolah. Memberikan bantuan pengarahan, bimbingan, dan pembinaan dengan cara bertukar pendapat tentang sejauh mana kesiapan dan penerimaan siswa dalam proses belajar mengajar berlangsung. Mengikutsertakan para guru dalam kegitan MGMP, seminar, maupun workshop-workshop. Menggunakan teknik percakapan pribadi dan kunjungan kelas. 2) Profesionalitas guru dan kualitas pendidikan di MA NU Ibtidaul Falah dapat dilihat dari guru PAI di MA NU Ibtidaul Falah telah menggunakan K13, terampil dalam mengembangkan materi dan metode yang sesuai. Tidak mempunyai kesibukan lain selain mengajar, baik di jenjang pendidikaan formal maupun non formal. Telah mengenyam pendidikan S1 dan mengajar sesuai dengan bidangnya. Banyaknya prestasi yang di peroleh siswa dalam mengikuti berbagai jenis perlombaan. Adanya perpustakaan yang memadai
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Supervisi, Profesionalitas Guru, dan Kualitas Pendidikan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Sep 2021 02:44 |
Last Modified: | 21 Sep 2021 02:44 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5239 |
Actions (login required)
View Item |