Metode Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts NU Matholi’ul Huda Tahun Pelajaran 2019/2020

Yaqein, M. Ainul (2019) Metode Pembelajaran Role Playing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mts NU Matholi’ul Huda Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (383kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (401kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (558kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (377kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (546kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (410kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan pertama, untuk mengetahui sejauh mana implementasi Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Mts NU Matholi’ul Huda tahun pelajaran 2019/2020, kedua, untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah metode Role Playing di Implementasikan di kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak, ketiga, apa saja kekurangan dan kelebihan metode Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data dari penelitian ini diperoleh dari sumber data primer dan sekunder. Subyek penelitian ini adalah guru mata pelajaran Akidah Akhlak dan peserta didik. Adapun teknik pemerolehan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, serta dokumentasi. Kemudian di analisis dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan obyek keabsahan data implementasi metode Role Playing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII Matholi’ul Huda kudus menggunakan beberapa cara yaitu triangulasi dan menggunakan bahan referensi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi metode Role Playing di awali dengan penyusunan RPP sesuai dengan standar mutu pendidikan, pembagian kelompok dan pembuatan lembar kerja. Pelaksanaan Role Playing dengan tujuan pembelajaran berlangsung secara aktif, interaktif, inovatif dan kreatif, sehingga para siswa lebih faham, karena para siswa mempraktekan apa yang ada di dalam materi tersebut, Penggunaan metode pembelajaran Role Playing mampu memberikan pemahaman kepada siswa terkait Akhlak terpuji yang harus di laksanakan dan Akhlak tercela yang harus di hindari sehingga para siswa mampu bersikap dengan baik sehingga meningkatkan hasil belajar para siswa. Hasil belajar peserta didik setelah penerapan metode Role Playing oleh guru menjadi lebih baik. Dapat di lihat hasil nilai ulangan harian peserta didik bisa mencapai ketuntasan belajar dan efektifitas belajar peserta didik menjadi lebih baik. Kelebihan penerapan metode Role Playing dalam pembelajaran Akidah Akhlak diantaranya adalah para siswa akan lebih kreatif dan inovatif serta mempunyai daya ingat yang tinggi, bakat para siswa dalam bidang seni akan muncul dan dapat dimaksimalkan nantinya, para siswa dapat bekerjasama dengan baik sehingga mempunyai kebiasaan untuk saling toleransi dan bekerjasama untuk mencapai sebuah kesuksesan. Kekurangannya adalah membutuhkan waktu yang lumayan banyak dalam pelaksanaan metode Role Playing terkadang mengganggu kelas lain karena suasana dalam pembelajaran tersebut sangat ramai, perlunya guru yang kreatif sehingga tidak terjadi sebuah kegagalan dalam pelaksaan metode Role Playing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Role Playing, Meningkatkan Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Sep 2021 01:41
Last Modified: 22 Sep 2021 01:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5249

Actions (login required)

View Item View Item