Nisa’, Lathifatun (2021) Studi Komparasi Konsep Pendidikan Karakter Menurut KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Bisri Musthofa. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (507kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (360kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (582kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (595kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (464kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (428kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (493kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan karakter menurut KH. Hasyim Asy’ari dan KH. Bisri Musthofa. Keduanya merupakan ulama Nusantara yang sangat memeperhatikan moral dan karakter bangsa, dengan karya-karya dan gagasan mereka, diharapkan dapat membawa perubahan yang lebih baik terhadap peserta didik maupun masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Library Research atau Studi Kepustakaan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis dan filosofis. Sumber data yang dijadikan rujukan oleh peneliti berupa sumber primer dan sumber sekunder. Sumber primer dari penelitian ini yaitu kitab Adab al ‘Alim wa al Muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari dan kitab Syi’ir Ngudi Susilo karya KH. Bisri Musthofa. Sedangkan sumber sekunder peneliti mengambil dan menyusun data dari buku, jurnal, artikel, maupun sumber lain yang relevan. Dalam mengumpulkan data, peneliti menggunakan tehnik studi documenter dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang peniliti gunakan adalah content analysis atau analisis isi, dengan metode komparasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Konsep pendidikan karakter menurut KH. Hasyim Asy’ari adalah upaya membentuk manusia secara utuh, baik jasmani maupun rohani, bertaqwa kepada Allah dengan menjalankan perintahNya dan menjauhi laranganNya, sehingga pantas menyandang predikat sebagai makhluk yang paling mulia diantara makhluk lainnya. Konsep pendidikan karakter KH. Hasyim Asy’ari dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim diperuntukkan kalangan santri atau peserta didik, dengan tujuan untuk mendekatkan diri pada Allah SWT, agar memperoleh kebahagiaan di dunia adan di akhirat. 2) Konsep pendidikan karakter menurut KH. Bisri Musthofa adalah proses untuk memperbaiki moral dan mental peserta didik agar memiliki karakter yang baik, sebelum mengemban amanah yang besar di masa depan. Dalam kitab Syi’ir Ngudi Susilo nasihat-nasihat KH. Bisri tidak hanya ditujukan untuk peserta didik saja namun juga untuk masyarakat. 3) Nilai-nilai pendidikan karakter yang diajarkan KH. Hasyim dan KH. Bisri sesuai dengan 18 nilai karakter menurut Pusat Kurikulum Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa Indonesia saat ini, yaitu: religious, jujur, toleransi, disiplin, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, KH. Hasyim Asy’ari, KH. Bisri Musthofa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 22 Sep 2021 03:29 |
Last Modified: | 22 Sep 2021 03:29 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5269 |
Actions (login required)
View Item |