Pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap pergaulan siswa kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Kedungdowo Kaliwungu Kudus

Nuha, Irfan Ulin (2021) Pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap pergaulan siswa kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Kedungdowo Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (684kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah peneliti melihat bahwa membaca Al-Qur’an tidak semata-mata ibadah demi mendapatkan pahala. Tujuan utama membaca Al-Qur’an untuk mendapatkan petunjuk dan bimbingan agar menjadi pribadi yang lebih baik. MTs NU Nurul Huda, merupakan salah satu lembaga pendidikan Agama di desa Kedungdowo, kecamatan Kaliwungu, Kabupaten kudus yang memiliki visi dan misi memperbaiki budi pekerti para siswanya. Penanaman nilai-nilai agama di sana begitu ditekankan, mengingat pentingnya pergaulan remaja pada masa sekarang yang mengalami kemrosotan. Berbagai macam cara ditempuh oleh pihak sekolah, diantaranya adalah dengan pembiasaan-pembiasaan bertutur kata yang baik, menyalami guru setiap pagi, berdo’a setiap pagi dan setiap pulang sekolah, serta pembiasaan membaca Al-Qur’an, dan lain sebagainya. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana intensitas membaca Al-Qur’an siswa kelas VIII di MTs. NU Nurul Huda Kedungdowo, bagaimana pergaulan siswa kelas VIII di MTs. NU Nurul Huda Kedungdowo, dan seberapa besar pengaruh intensitas membaca Al-Qur’an terhadap pergaulan siswa kelas VIII di MTs. NU Nurul Huda Kedungdowo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Karena data yang kami ambil dalam bentuk angka akan diproses secara statistik. Pendekatan ini berangkat dari suatu kerangka teori, gagasan para ahli, maupun pemahaman peneliti berdasarkan pengalamannya,kemudian dikembangkan menjadi permasalahan-permasalahan yang diajukan untuk memperoleh pembenaran (verifikasi) atau penolakan dalam bentuk dokumen data empiris lapangan. Pendekatan kuantitatif bertujuan untuk menguji teori, membangun fakta, menunjukkan hubungan antar variabel, memberikan deskripsi statistik, menaksir dan meramalkan hasilnya. Rata-rata kualitas intensitas membaca Alquran siswa kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kedungdowo Kaliwungu Kudus adalah 70, 98. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas intensitas membaca Alquran siswa kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kedungdowo Kaliwungu Kudus termasuk dalam kategori “baik”. Rata-rata kualitas pergaulan siswa kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kedungdowo Kaliwungu Kudus adalah 52,50. Hal ini menunjukkan bahwa kualitas pergaulan siswa kelas VIII MTs NU Nurul Huda Kedungdowo Kaliwungu Kudus termasuk dalam kategori “baik”. Terdapat pengaruh yang signifikan antara intensitas membaca Alquran dengan pergaulan siswa kelas VIII di MTs NU Nurul Huda Kaliwungu Kudus. Hal ini ditunjukan oleh harga Fhitung= 22,3 yang telah dikonsultasikan dengan Ftabel dan hasilnya menunjukkan pada taraf Ftabel (0,05) = 3,98 dan Ftabel (0,01) = 7,02 hasilnya Fhitung> Ftabel yang berarti signifikan dan hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Intensitas, Membaca Al-Qur’an, Pergaulan Siswa
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Oct 2021 02:54
Last Modified: 01 Oct 2021 02:54
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5298

Actions (login required)

View Item View Item