Pramulyani, Nunik (2021) Implementasi Literasi Reading Morning Siswa Kelas 5 MI Miftahul Ulum Kepuk Bangsri Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01 COVER BARU.pdf Download (1MB) |
|
Text
02 ABSTRAK.pdf Download (72kB) |
|
Text
03 DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (124kB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (123kB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (97kB) |
|
Text
07 BAB IV OKE.pdf Download (1MB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (77kB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (88kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minat membaca siswa rendah, sedangkan membaca merupakan kegiatan yang penting untuk menambah pengetahuan. Salah satu madrasah yang melaksanakan kegiatan literasi yaitu MI Miftahul Ulum Kepuk Bangsri Jepara yang dinamakan reading morning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi literasi reading morning, faktor pendukung dan penghambat, dan dampak implementasi literasi reading morning siswa kelas 5 di MI Miftahul Ulum Kepuk Bangsri Jepara. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Teknik penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Adapun yang mejadi subyek penelitian yaitu kepala madrasah, wali kelas 5, dan tiga siswa kelas 5. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data diuji keabsahannya menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi (sumber, teknik, waktu). Data dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terkait implementasi literasi reading morning siswa kelas 5 MI Miftahul Ulum Kepuk Bangsri Jepara yaitu: 1). Pelaksanaan literasi reading morning dilaksanakan pada hari rabu dan minggu pada pukul 06.45 sampai 07.00 WIB (sebelum pembelajaran dimulai). Kegiatan tersebut pada masa pembelajaran normal dilakukan dengan cara membaca buku yang telah di sediakan di kelas kemudiaan hasil bacaan di tulis di buku jurnal membaca masing-masing siswa, setelah selesai kemudian dikumpulkan. Sedangkan pada masa pembelajaran daring, kegiatan tersebut dilakukan di rumah masing-masing dengan cara yang sama yaitu membaca buku kemudian menulis hasil bacaan di buku jurnal membaca kemudian ringkasan bacaan tadi di foto kemudian dikirim ke grup WhatsApp kelas. 2) Faktor pendukung pelaksanaan kegiatan reading morning siswa kelas 5 di MI Miftahul Ulum Kepuk Bangsri Jepara pada saat pembelajaran normal yaitu antusias warga madrasah, suasana lingkungan madrasah yang tenang dan jauh dari keramaian, dan adanya alokasi waktu khusus untuk membaca. Sedangkan faktor pendukung pada saat pembelajaran daring yaitu pemberian kuota gratis, dukungan bapak dan ibu guru, dan dukungan orang tua. Faktor penghambat pelaksanaan kegiatan literasi reading morning siswa kelas 5 di MI Miftahul Ulum Kepuk Bangsri Jepara pada saat pembelajaran normal yaitu koleksi buku terbatas dan belum ada perpustakaan. Sedangkan faktor penghambat pada saat pembelajaran daring yaitu ada orang tua siswa yang tidak memiliki hp android, hp siswa untuk daring dibawa orang tua kerja, dan tidak bisa tatap muka. 3). Dampak dari pelaksanaan kegiatan literasi reading morning siswa kelas 5 di MI Miftahul Ulum Kepuk Bangsri Jepara yaitu siswa menjadi gemar membaca, lebih siap mengikuti pelajaran, pola pikir menjadi lebih dewasa, dan pengetahuan bertambah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi, reading morning |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Oct 2021 04:50 |
Last Modified: | 05 Oct 2021 04:50 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5335 |
Actions (login required)
View Item |