Chamim, Achmad (2021) Konsep Mawas Diri Dalam Pandangan Emha Ainun Nadjib (Analisis Terhadap Dakwah Cak Nun Dalam Buku “Hidup Itu Harus Pintar Ngegas Dan Ngerem. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (412kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (272kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (512kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (722kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (451kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (832kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (267kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (443kB) |
Abstract
Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui serta memahami pandangan tentang konsep mawas diri menurut Cak Nun yang terdapat dalam salah satu bukunya yang berjudul "Hidup Itu Harus Pintar Ngegas Dan Ngerem." Pendekatan penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode kualitatif dengan tekhnik analisis konten pada sebuah buku yang ditulis oleh Emha Ainun Nadjib. Hasil analisis penelitian perihal konsep mawas diri dalam buku Hidup Itu Harus Pintar Ngegas dan Ngerem memiliki dua poin utama yakni tentang unsur pembangun kesadaran atas diri sendiri yang tertuang dalam dua dimensi, yang pertama ialah dimensi religiusitas personal yang menjadi unsur internal atau unsur pembangun dari dalam, yang kedua yakni dimensi religiusitas sosial sebagai implementasi dari unsur eksternal. Kedua unsur tersebut tidak lepas dari kecerdasan spiritual serta pengelola’an atas keberseimbangannya akal,hati serta pikiran setiap individu yang tertuang dalam pesan dakwah yang disampaikan melalui sebuah buku.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | konsep mawas diri, kesadaran diri, Emha Ainun Nadjib |
Subjects: | 100 Filsafat dan Psikologi > 150 Psikologi |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 03:29 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 03:29 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5393 |
Actions (login required)
View Item |