Fakhrul Arifin, Noor (2017) IMPLEMENTASI STRATEGI INTERACTIVE LEARNING DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI SISWA PADA PEMBELAJARAN PAI DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) NU AL MA’RUF KUDUS. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2 ABSTRAK.pdf Download (868kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (908kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (879kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (984kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (885kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (873kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian bertujuan untuk (a) Mengetahui dan mendiskripsikan Implementasi Strategi Interactive Learning dalam Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa pada Pembelajaran PAI di SMP NU Al Ma’ruf Kudus. (b) Mengetahui dan mendiskripsikan faktor pendukung-penghambat Implementasi Strategi Interactive Learning dalam Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa pada Pembelajaran PAI SMP NU Al Ma’ruf Kudus. (c) Mengetahui dan mendiskripsikan cara mengatasi hambatan Implementasi Strategi Interactive Learning dalam Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa pada Pembelajaran PAI SMP NU Al Ma’ruf Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Adapun narasumber yang digunakan antara lain kepala sekolah, guru bidang Studi PAI dan peserta didik kelas VIII di SMP NU Al Ma’ruf Kudus. Hasil penelitian adalah (a) Guru mempersiapkan pembelajaran RPP, bahan ajar, media, memberikan apersepsi tentang materi fiqih yang akan dipelajari, mengarahkan siswa fokus dan kondusif, kemudian guru memetakan siswa dengan bangku depan atau belakangnya, meminta siswa mengeluarkan 2 kertas kosong, meminta siswa mendiskusikan dan menuliskan pertanyaan yang berkaitan dengan materi fiqih setiap kelompok 5 poin pertanyaan yang ditulis dalam dua kertas, kemudian 1 kertas tetap dibawa, 1 kertas lagi diberikan kepada kelompok lain, setelah kelompok lain menerima kertas pertanyaan, guru meminta menjawabnya. Setelah 5 poin jawaban terpenuhi, kemudian 2 kelompok diminta memilih kelompok lain sebagai kelompok penilai. Kemudian kelompok pertanyaan dan kelompok jawaban melakukan tanya jawab Interactive dari apa yang tercantum di kertas, kemudian dinilai kelompok penilai. Selanjutnya, kertas dan hasil penilaian komunikasi tanya jawab Interactive, diserahkan kepada guru sebagai pihak yang mengevaluasi dengan refleksi berupa penguatan materi, klarifikasi hasil komunikasi, serta pemberian motivasi siswa. (b) Faktor pendukung meliputi peran aktif siswa berupa minat dan semangat, kompetensi guru berupa kompetensi interaktif, sarana prasarana cukup memadai. Faktor penghambat antara lain tingkat kemampuan siswa berbeda, kurangnya kemampuan kreatifitas guru mengelola pembelajaran pada materi tertentu saat terjadi situasi membosankan, alokasi waktu pembelajaran terbatas dan kuantitas siswa melebihi memadai. (c) Memberikan kesempatan siswa menggunakan ketrampilan bertanya dan pendekatan individu, mengikuti pelatihan khusus dari sekolah sebagai penunjang kreatifitas, pengelolaan strategi pembelajaran serta memahami kemampuan siswa, melakukan peninjauan pembelajaran, melaporkan ke bidang kurikulum guna dilakukan pendataan dan penyesuaian kebutuhan pembelajaran dan pelajaran yang dibawakan oleh guru Kata kunci : Strategi Interactive Learning, Kemampuan Komunikasi, Pembelajaran PAI
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 11 Feb 2017 04:56 |
Last Modified: | 11 Feb 2017 05:00 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/540 |
Actions (login required)
View Item |