Lutfullah, Fiza (2021) Pendidikan Karakter Santri di Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimin Kudus Dalam Prespektif Ki Hadjar Dewantara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (551kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (310kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (613kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (824kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (447kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (413kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh moral remaja yang semakin menyimpang. Ditunjukkan dengan banyaknya kasus-kasus moral yang terjadi di Indonesia. Hal itu memperlihatkan seolah-olah pendidikan agama tidak berjalan sebagaimana mestinya. Proses pembelajaran, khususnya pembelajaran agama cenderung mengajarkan pendidikan moral dan budi pekerti yang hanya sebatas teks saja dan kurang mempersiapkan generasi muda untuk menghadapi dan menyikapi masalah-masalah dilingkungan yang bersifat kontradiktif. Untuk itu dibutuhkan konsep pendidikan karakter yang lebih baik agar pendidikan agama yang diberikan sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Sedangkan tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pendidikan karakter santri di Pondok Pesantren Roudlotul Muta’allimin Kudus dalam prespektif Ki Hadjar Dewantara. Jenis penelitian menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan pengumpulan data penelitian melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data terhadap hasil penelitian kualitatif dilakukan dengan uji kredibilitas yang dilakukan melalui cara perpanjangan keikutsertaan, kekuatan pengamatan, triangulasi, dan penggunaan bahan refrensi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Analisis data adalah proses mencari dan menyusun secara sistematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan bahan lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Konsep pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara dilaksanakan dengan pendidikan budi pekerti. (2) Pendidikan karakter santri di pondok pesantren Roudlotul Muta’allimin dilaksanakan dengan pembiasaan-pembiasaan budi pekerti, akhlaqul karimah, toleransi, saling menghormati dan menghargai, mandiri, berani, mengajarkan ilmu-ilmu agama, dan peberian contoh-contoh secara langsung dari Kiyai atau guru sebagai teladan bagi para santri. (3) Adanya korelasi antara konsep pendidikan karakter Ki Hadjar Dewantara dengan pendidikan karakter di pondok pesantren Roudlotul Muta’allimin yang dilaksanakan melalui kegiatan, budaya, tata tertib, dan tanggung jawab yang diberikan kepada santri di pondok pesantren Roudlotul Muta’allimin Kudus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Ki Hadjar Dewantara, Pendidikan Pesantren |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 06:54 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 06:54 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5401 |
Actions (login required)
View Item |