Maulana, M Iftah Hafara (2021) Peran Kepala Madrasah Sebagai Supervisor Dalam Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pendidikan di SMPI Asy-Syafi’iyah Pekalongan Batealit Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (275kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (271kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (471kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (790kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (480kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (623kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (348kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (264kB) |
Abstract
SMPI Asy-Syafi’iyah merupakan SMPI satu-satunya yang terletak di Desa Pekalongan Kecamatan Batealit Kabupaten Jepara. Dahulu Madrasah ini terkenal dengan Madrasah yang memiliki siswa sedikit dan terkenal sebagai Madrasah yang menerima peserta didik nakal, peserta didik buangan dari sekolah lain. Sampai akhirnya dengan pergantian kepengurusan,Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas Pendidikan Agama Islam di SMPI Asy-Syafi’iyah Pekalongan Batealit Jepara. 2) Untuk mengetahui proses dan hasil pendidikan di SMPI Asy-Syafi’iyah Pekalongan Batealit Jepara. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan Pendidikan Agama Islam di SMPI Asy-Syafi’iyah Pekalongan Batealit Jepara. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Uji Keabsahan Data menggunakan perpanjangan pengamatan, triangulasi, analisis kasus negative, menggunakan bahan referensi, dan mengadakan member check. Data dianalisis menggunakan reduksi data, display data, mengambil kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Peran kepala madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan di SMPI Asy-Syafi’iyah Pekalongan Batealit Jepara, secara umum sudah baik yaitu memimpin secara professional, memanage, memotivator, mengeksekutif sebijak mungkin, mengecek administrasi yang semuanya berhubungan dengan guru, karyawan, dan peserta didik, membina, mengarahkan, dan mengadakan supervisi atau evaluasi dalam satu bulan sekali atau dua bulan sekali. 2) Kualitas proses dan hasil pendidikan di SMPI Asy-Syafi’iyah Pekalongan Batealit Jepara adalah tergolong standar. mengawasi kinerja guru apakah baik dan disiplin atau tidak, dan terkadang kepala sekolah juga mengadakan kunjungan ke kelas-kelas untuk mengetahui keadaan siswa di kelas tersebut. 3) Faktor pendukung dalam meningkatkan kualitas proses dan hasil pendidikan di SMPI Asy-Syafi’iyah Pekalongan Batealit Jepara adalah Guru atau Pendidik yang memiliki kompetensi terhadap materi yang diajarkan, media pembelajaran, dan dukungan dari orang tua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepala Madrasah, Supervisor, Kualitas Proses dan Hasil Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 13 Oct 2021 07:09 |
Last Modified: | 13 Oct 2021 07:09 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5404 |
Actions (login required)
View Item |