Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Mi Al-Asy’ari Kuniran Kec. Batangan Kab. Pati

Lestari, Ika Sri (2021) Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Online terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V Mi Al-Asy’ari Kuniran Kec. Batangan Kab. Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (387kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (346kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (419kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (639kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (447kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (716kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (341kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (402kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, untuk mengetahui bagaimana penerapan metode pembelajaran online pada mata pelajaran IPA siswa kelas V MI Al-Asy’ari Kuniran Kec. Batangan Kab. Pati. Kedua, untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa dengan penerapan metode pembelajaran online pada mata pelajaran IPA kelas V MI Al-Asy’ari Kuniran Kec. Batangan Kab. Pati. Ketiga, untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran online terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V MI Al-Asy’ari Kuniran Kec. Batangan Kab. Pati. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research), pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Desain penelitian yang diguanakan adalah desain penelitian ex post facto. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas V MI Al-Asy’ari Kuniran Kec. Batangan Kab. Pati tahun ajaran 2020/2021 yang berjumlah 28 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 15 siswa dan siswa perempuan sebanyak 13 siswa. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis independent sample t test dengan bantuan program olah data SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, penerapan metode pembelajaran online memiliki kekurangan dan kelebihan. Pelaksanaan pembelajaran online dilakukan melalui berbagai tahapan yaitu persiapan dan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Kedua, hasil belajar siswa pada tahap UTS dengan penerapan metode pembelajaran online termasuk kategori cukup, hal ini dapat dibuktikan dari hasil UTS yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 76,53. Hasil belajar siswa pada tahap UAS dengan penerapan metode pembelajaran online termasuk kategori baik, hal ini dapat dibuktikan dari hasil UTS yang menunjukkan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa adalah sebesar 87,03. Ketiga, Terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode pembelajran online terhadap hasil belajar siswa kelas V MI Al-Asy’ari Kuniran Batangan Pati tahun ajaran 2020/2021. Hal ini dapat dibuktikan Berdasarkan hasil uji independent sample t-test, dapat diketahui bahwa nilai sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Online, Hasil Belajar Siswa, IPA
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:06
Last Modified: 14 Oct 2021 02:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5409

Actions (login required)

View Item View Item