Sinergitas Pengelolaan Organisasi Madrasah dan Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus

Sa’adah, Naili (2021) Sinergitas Pengelolaan Organisasi Madrasah dan Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (716kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (262kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (210kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (264kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (398kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (188kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (483kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (217kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

Abstract

Perkembangan zaman berpengaruh pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Masyarakat membutuhkan pendidikan yang dapat menjawab tuntutan masa depan dengan kemajuan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan tetap menjunjung tinggi nilai moral dengan Iman dan Taqwa (IMTAQ). Madrasah dan pondok pesantren merupakan paket komplit yang menjadi salah satu rujukan lembaga pendidikan guna menjawab tantangan zaman dan kebutuhan masyarakat dalam ranah pendidikan. Pendidikan menjadi lebih terstruktur apabila mempunyai pengelolaan yang baik. Pendidikan membutuhkan peran organisasi dan sinergitas demi berjalannya serangkaian pembelajaran yang baik. Organisasi dalam sebuah pendidikan menentukan bagaimana kualitas pendidikan tersebut. Antara elemen satu dan elemen yang lain harus berjalan secara beriringan agar tercipta suatu organisasi pendidikan yang sinergi.Salah satu unsur terpenting dalam suatu organisasi adalah manajemen. Dengan pengelolaan atau manajemen yang terstruktur kepengurusannya maka organisasi menjadi mudah mencapai tujuan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mendeskripsikan sinergitas pengelolaan organisasi Madrasah dan Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus, dan (2) Untuk mengidentifikasi faktor pendukung dan faktor penghambat organisasi dan sinergitas pengelolaan Madrasah dan Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian bertempat di Madrasah dan Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus. Subjek dalam penelitian ini adalah Kepala Pondok Pesantren dan Madrasah, sedangkan informan dari penelitian ini adalah, pimpinan pondok, kepala madrasah, waka kurikulum, waka humas, pengurus sarpras, ustadz pondok, guru madrasah, serta staf tata usaha. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Pengelolaan organisasi Madrasah Pondok Pesantren Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus terdiri dari satu organisasi pendidikan yang menyatu antara pengurus pondok pesantren dengan pengurus madrasah. Setiap kebijakan dipusatkan pada satu komando yakni Pimpinan Pondok Pesantren beliau Dr. KH. Ahmad Faiz, LC., MA. Setiap peraturan dan kebijakan antara madrasah dan pondok pesantren diselaraskan agar tidak terjadi bentrok dalam pelaksanaan. (2) Faktor pendukung yaitu kepemimpinan yang baik, loyalitas seluruh komponen, sarana dan prasarana yang memadahi serta sumber daya manusia yang berkualitas. Sedangkan faktor penghambat dalam organisasi dan sinergitas pengelolaan pendidikan yakni terletak pada kendala pembiayaan pembangunan dan pelaksanaan pendidikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Sinergitas, Organisasi, Pengelolaan, Manajemen, Madrasah dan Pondok Pesantren.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Oct 2021 02:29
Last Modified: 14 Oct 2021 02:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5414

Actions (login required)

View Item View Item