Pengaruh Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus

Sa’adah, Nilna Zuhrotas (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Rumah Sakit Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
FILE 1 COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf

Download (536kB)
[img] Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf

Download (560kB)
[img] Text
FILE 4 BAB I.pdf

Download (869kB)
[img] Text
FILE 5 BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 6 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 7 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 8 BAB V.pdf

Download (767kB)
[img] Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui pengaruh tangible terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus; 2) untuk mengetahui pengaruh reliability terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus; 3) untuk mengetahui pengaruh responsiveness terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus; 4) untuk mengetahui pengaruh empathy terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus; dan 5) untuk mengetahui pengaruh assurance terhadap tingkat kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Islam Sunan Kudus. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara penyebaran kuesioner secara langsung pada pasien rawat inap di RSI Sunan Kudus sebanyak 54 pasien. Metode analisis menggunakan metode analisis regresi berganda dengan bantuan program olah data SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara tangible terhadap kepuasan pasien rawat inap dengan nilai t hitung 4,840 > 2,010 yang dimana thitung lebih besar dari pada ttabel dan sig. kurang dari alpha (000<0,05). 2) secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara reliability terhadap kepuasan pasien rawat inap dengan nilai t hitung 9,305 > 2,010 dimana thitung lebih besar dari pada ttabel dan sig. kurang dari alpha (000<0,05). 3) secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara responsiveness terhadap kepuasan pasien rawat inap dengan nilai t hitung 3,721 > 2,010 dimana thitung lebih besar dari pada ttabel dan sig. kurang dari alpha (001<0,05). 4) secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara empathy terhadap kepuasan pasien rawat inap dengan nilai t hitung 5,236 > 2,010 dimana thitung lebih besar dari pada ttabel dan sig. kurang dari alpha (000<0,05). 5) secara parsial terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara assurance terhadap kepuasan pasien rawat inap dengan nilai t hitung 3,975 > 2,010 dimana thitung lebih besar dari pada ttabel dan sig. kurang dari alpha (000<0,05). Sedangkan korelasi (R) dari variabel kualitas pelayanan (tangible, reliability, responsiveness, empathy dan assurance) dengan kepuasan pasien adalah sebesar 0,875 yang artinya terdapat hubungan yang kuat. Adapun hasil determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,741yang artinya pengaruh kualitas pelayanan sebesar 74,1% dan sisanya 25,9% dijelaskan variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tangible, Reliability, Responsiveness, Empathy, Assurance, Kepuasan Pasien.
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 15 Oct 2021 02:41
Last Modified: 15 Oct 2021 02:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5440

Actions (login required)

View Item View Item