Konsep Akhlak Murid Terhadap Guru (Studi Komparasi Kitab Tanbih Al Muta’allim dan Taisirul Kholaq)

Ulya, Mufti (2021) Konsep Akhlak Murid Terhadap Guru (Studi Komparasi Kitab Tanbih Al Muta’allim dan Taisirul Kholaq). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (294kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (355kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (790kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (363kB)

Abstract

Penelitian ini adalah studi komparasi yang menganalisis tentang konsep akhlak murid terhadap guru dalam kitab Tanbih Al Muta’allim dan kitab Taisirul Kholaq. Hal ini dikhawtirkan berdampak buruk bagi perkembangan akhlak dan karakter murid terutama di lingkungan sekolah. Penelitian ini memiliki tujuan penelitian atas rumusan masalah yang ada yaitu menganaisis konsep akhlak murid terhadap guru dalam kitab Tanbih al Muta’allim, menganalisis konsep akhlak murid terhadap guru dalam kitab Taisirul Kholaq, serta menganalisis perbedaan dan persamaan konsep akhlak murid terhadap guru dalam kitab Tanbih al Muta’allim karya Ahmad Maisur Sindi at-Tursidi dan kitab Taisirul Kholaq karya Hafidz Hasan al-Mas’udi. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian kepustakaan yang berusaha menjelaskan dan menganalisis data yang telah diperoleh dari suatu fakta yang bersifat konseptual atau teoritik. Sumber data penelitian ini adalah kitab Tanbih Al Muta’allim dan Taisirul Kholaq serta kitab atau buku pendukung lainnya seperti kitab Ta’limul Muta’allim dan buku Etika Pendidikan Islam. Data-data mengenai konsep akhlak murid terhadap guru pada kitab Tanbih Al Muta’allim dan Taisirul Kholaq dikumpulkan dengan menggunakan teknik dokumentasi, sebuah cara yang dilakukan guna memperoleh informasi dari sumber data tertulis. sedangkan, data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis isi (conten analysis), yaitu membuat suatupenjabaran dan kesimpulan dari data yang telah diperoleh baik tertulis maupun rekama atau gambar. Hasil penilitian ini berhasil menunjukkan bahwa: (1) Akhlak murid terhadap guru dalam kitab Tanbih Al Muta’allim yaitu mengakui kemuliaan guru, memuliakan guru, memiliki sikap tawadlu’, memiliki rasa takut terhadap guru, tidak pindah-pindah guru, dan meminta izin ketika tidak hadir. (2) Dalam kitab Taisirul Kholaq ditemukan akhlak murid terhadap guru yaitu kemuliaan guru, memiliki sikap sopan santun terhadap guru, tidak menyakiti hati guru, dan berani bertanya. (3) Persamaannya adalah: Sama-sama menyebutkan tentang konsep akhlak murid terhadap guru, Menjelaskan bahwa guru merupakan orang tua kedua murid di sekolah yang wajib dihormati dan dimuliakan. Perbedaannya adalah: cara penulis kitab menyebutkan tentang akhlak murid terhadap guru, guru memiliki derajat yang sempurna sedangkan dan derajat kemuliaan guru lebih tinggi dari orang tua, tidak boleh berpindah-pindah guru dan izin ketika tidak hadir dan murid tidak boleh malu bertanya sedangkan kitab Tanbih Al Muta’allim tidak dijelaskan .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Akhlak, murid, Tanbihul Muta’allim dan Taisirul Kholaq
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Oct 2021 01:07
Last Modified: 18 Oct 2021 01:07
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5448

Actions (login required)

View Item View Item