Penerapan Pendidikan Multikultural Pada Keluarga Beda Agama dalam Membentuk Karakter Toleran Anak di Perumahan Tanjung Karang Kudus

Azkiyah, Vifin (2021) Penerapan Pendidikan Multikultural Pada Keluarga Beda Agama dalam Membentuk Karakter Toleran Anak di Perumahan Tanjung Karang Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (861kB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (73kB)
[img] Text
03 DAFTAR ISI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (266kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
07 BAB IV.pdf

Download (333kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (77kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)

Abstract

Keberagaman lingkungan keluarga yang terjadi karena adanya perbedaan agama yang dipeluk antara suami dan istri pada sebagian keluarga di Perumahan Tanjung Karang Kudus menjadikan pendidikan multikultural sangat urgen diperlukan dalam membentuk karakter toleran anak mereka. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan multikultural pada keluarga beda agama dalam membentuk karakter anak di Perumahan Tanjung Karang Kudus, meliputi: 1) konsep penerapan pendidikan multikultural pada keluarga beda agama dalam membentuk karakter toleran anak di Perumahan Tanjung Karang Kudus; 2) tahapan penerapan pendidikan multikultural pada keluarga beda agama dalam membentuk karakter toleran anak di Perumahan Tanjung Karang Kudus; dan 3) metode penerapan pendidikan multikultural pada keluarga beda agama dalam membentuk karakter toleran anak di Perumahan Tanjung Karang Kudus; dan 4) dampak penerapan pendidikan multikultural pada keluarga beda agama dalam membentuk karakter toleran anak di Perumahan Tanjung Karang Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus yang meneliti perilaku atau pengalaman dalam konteks kehidupan nyata tentang penerapan pendidikan multikultural yang dilakukan oleh keluarga beda agama dalam membentuk karakter toleran anak mereka di Perumahan Tanjung Karang Kudus. Sumber data utama dalam penelitian ini, yaitu keluarga yang berbeda agama antara suami dan istri yang telah memiliki anak, sedangkan informannya yaitu ketua FKUB Tanjung Karang, kepala desa, tokoh agama, dan tokoh masyarakat setempat. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Adapun data hasil penelitian dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian, diperoleh bahwa penerapan pendidikan multikultural pada keluarga beda agama dalam membentuk karakter toleran anak di Perumahan Tanjung Karang Kudus, yaitu 1) aktivitas praktik penerapan pendidikan multikultural yang dilakukan oleh keluarga berbeda agama dalam membentuk karakter toleran anak di Perumahan Tanjung Karang Kudus, yaitu a) natal bersama; b) halal-bihalal bersama; c) ramadhan bersama; 2) penerapan tersebut dilakukan dengan tiga tahap, yaitu a) multikultural knowing; b) multicultural feeling; c) multicultural action; 3) metode yang digunakan, yaitu pembiasaan, pengawasan, perintah dan larangan, penanaman rasa, serta pengalaman praktik beragama yang diterapkan sesuai tahapan langkah; dan 4) dampak dari penerapan pendidikan multikultural yang dilakukan oleh keluarga beda agama dalam membentuk karakter toleran anak, yaitu: a) tumbuhnya karakter toleran; b) terciptanya keluarga yang moderat dan toleran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Multikultural, Keluarga Beda Agama, Karakter Anak
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Oct 2021 02:01
Last Modified: 18 Oct 2021 02:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5463

Actions (login required)

View Item View Item