Ta’tsir biyat al madrasah ‘alaa muyul al thulaab fii ta’lim al lughah al ‘arabiyah bi madrasah al thaanawiyah Roudlotus Shibyan Bae Kudus al ‘am al dirasii 2019/2020

Azzahra, Fathimah (2019) Ta’tsir biyat al madrasah ‘alaa muyul al thulaab fii ta’lim al lughah al ‘arabiyah bi madrasah al thaanawiyah Roudlotus Shibyan Bae Kudus al ‘am al dirasii 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (663kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (467kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (713kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (803kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (457kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (605kB)

Abstract

Lingkungan sekolah merupakan lingkungan awal bagi siswa untuk belajar bahasa arab. Lingkungan sekolah berpengaruh terhadap minat siswa dalam belajar bahasa arab. Di MTs Roudlotus Shibyan dan MI Roudlotus Shibyan terletak dalam satu lingkungan. Pada umumnya siswa MTs Roulotus Sibyan adalah lulusan dari MI tersebut, yang notabennya satu yayasan. Tentunya dengan terbiasa mempelajari bahasa arab sejak MI akan menumbuhkan minat siswa dalam belajar bahasa arab dan itupun tidak lepas dari faktor lingkungan sekolah. Dengan lingkungan yang positif dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar bahasa arab. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk meneliti sejauh mana pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat siswa dalam belajar bahasa arab siswa di MTs Roudlotus Shibyan Bae Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pengaruh lingkungan sekolah di MTs NU Roudlotus Shibyan, 2)Pengaruh minat siswa dalam belajar di MTs NU Roudlotus Shibyan, 3)Pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat siswa dalam belajar bahasa arab di MTs NU Roudlotus Shibyan Bae Kudus. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun lokasi penelitian di MTs Roudlotul shibyan bae kudus yaitu kelas VIII A, B dan C. Selanjutnya untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan metode pengumpulan angket, yang diperkuat dengan metode observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pengaruh lingkungan sekolah di MTs NU roudlotus shibyan dalam kategori yang baik, karena termasuk dalam interval (63-69) dengan nilai 62,69. 2) Sedangkan minat siswa dalam belajar bahasa arab di MTs NU Roudlotus Shibyan dalam kategori yang cukup, karena termasuk dalam interval (55-63) dengan nilai 62,92. Hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah dengan minat siswa dalam belajar bahasa arab di MTs NU Roudlotus Shibyan, dengan persamaan regresi Y = 10,26 + 0,84. 3) Dan terdapat pengaruh yang signifikan antara lingkungan sekolah terhadap minat siswa dalam belajar bahasa arab dengan rhitung 0,82 > rtabel 0,24, dengan nilai koefesien determinasi sebesar 67% dan uji F diperoleh nilai koefisien Fhitung 92,02 > Ftabel 4,00. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa lingkungan sekolah Berpengaruh Secara Signifikan Terhadap minat Siswa dalam belajar Bahasa Arab Kelas VIII di MTs Roudlotul Shibyan Bae Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: lingkungan sekolah, minat siswa, belajar Bahasa Arab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Bahasa > Bahasa-Bahasa Lain > Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Bahasa Arab (PBA)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Oct 2021 02:09
Last Modified: 19 Oct 2021 02:09
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5475

Actions (login required)

View Item View Item