Implementasi Morning Quran untuk Meningkatkan Hafalan Surat Pendek Anak Usia Dini di KB Raudlatul Ulum Wegil Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2019/2020

Khulsum, Umi (2020) Implementasi Morning Quran untuk Meningkatkan Hafalan Surat Pendek Anak Usia Dini di KB Raudlatul Ulum Wegil Sukolilo Pati Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (331kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (314kB)
[img] Text
4, BAB I.pdf

Download (545kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (785kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (391kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (608kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (264kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (328kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu pertama, untuk mengetahui implementasi program Morning Qur’an di KB Raudlatul Ulum Wegil Sukolilo Pati. Kedua, untuk mengetahui seberapa jauh keberhasilan program Morning Quran terhadap kemampuan hafalan surat pendek anak usia dini di KB Raudlatul Ulum Wegil Sukolilo Pati. Ketiga, untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung Implementasi Morning Quran dalam meningkatkan hafalan surat pendek anak usia dini di KB Raudlatul Ulum Wegil Sukolilo Pati pada Tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini termasuk jenis Penelitian lapangan (field research). Sedangkan pendekatan penelitian ini adalah kualitatif. Tehnik pengumpulan data yang dipakai peneliti adalah Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Tahap analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi Morning Quran untuk meningkatkan hafalan surat pendek anak usia dini di KB Raudlatul Ulum Wegil Sukolilo Pati tahun pelajaran 2019/2020 yaitu: pertama, Implementasi ini terdapat 3 (tiga) tahapan dalam proses pembelajarannya yang terdiri dari perencanaan,pelaksanaan dan evaluasi. Tahap perencanaan dimulai dari pembuatan RPPH sebagai pedoman dalam pelaksanaan pembelajaran, diskusi antar pendidik dalam menyiapkan media pembelajaran dan tempat jalannya pembelajaran. Saat pelaksanaan Morning Quran sendiri ditempatkan setiap hari pada pagi hari karena waktu pagi merupakan waktu yang sangat efisien dalam memulai pembelajaran, sedangkan tahap evaluasi dimaksudkan untuk mengetahui perkembangan anak. Kedua, maksud dari Morning Quran ini yaitu untuk meningkatkan hafalan surat pendek anak usia dini dan semangat dalam menghafal surat pendek. Ketiga faktor pendukung Morning Quran yaitu semangat dan kekreatifitasan seorang pendidik dan dukungan dari orang tua dirumah. Dampak yang menghambat jalannya Morning Quran yaitu: banyaknya anak didik yang masih kurang fokus, kurangnya perhatian dari orang tua dirumah dan media atau sarana prasarana yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: lmplementasi, Morning Quran, dan Hafalan Surat Pendek
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 19 Oct 2021 04:06
Last Modified: 19 Oct 2021 04:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5499

Actions (login required)

View Item View Item