Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ipa Ekosistem Kelas Vii Di Mts Raudlotut Tholobin Pakis

Nihayati, Latifatul (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Materi Ipa Ekosistem Kelas Vii Di Mts Raudlotut Tholobin Pakis. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.BAGIAN DEPAN.pdf

Download (726kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (480kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (804kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (670kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (448kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap hasil belajar daring peserta didik pada materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif sebagai pendekatan penelitiannya. Sedangkan Jenis yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Desaign (eksperimen semu/kuasi). Metode kuasi mempunyai kelompok kontrol, akan tetapi tidak dapat berfungsi sepenuhnya untuk mengontrol variabel-variabel luar yang memengaruhi pelaksanaan eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan metode wawancara, soal dan angket dengan jumlah sampel sebanyak 40 responden yaitu 20 kelas experimen dan 20 kelas kontrol. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis dengan bantuan program data statistic SPSS. Berdasarkan pembahasan serta analisis yang telah dilakukan, hasil belajar peserta didik menggunakan model pembelajaran Project Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran konversional dengan nilai perbandingan pretest kelas experimen yaitu 47% dan kelas kontrol 41%. Sedangkan nilai rata-rata Gain yang dinormalisasi kelas experimen didapatkan nilai 84% dan kelas kontrol 74%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, metode Project Based Learning
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Oct 2021 03:17
Last Modified: 22 Oct 2021 03:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5528

Actions (login required)

View Item View Item