Implikasi Program Tahfidz Terhadap Kedislipinan Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Siswi Kelas VII Program Tahfidz Di Mts Qudsiyah Putri Tahun Ajaran 2020/2021

Khusna, Maulida (2021) Implikasi Program Tahfidz Terhadap Kedislipinan Belajar Dan Prestasi Belajar Pada Siswi Kelas VII Program Tahfidz Di Mts Qudsiyah Putri Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1.COVER s.d KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (641kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (772kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (382kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (703kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (428kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (538kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: (1) Proses penerapan program tahfidz pada kelas VII di MTs Qudsiyah Putri (2) Implikasi program tahfidz terhadap kedisiplinan belajar dan prestasi belajar siswi di MTs Qudsiyah Putri. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yang dilakukan ke lapangan atau penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data meliputi: (1) Sumber data primer yakni kepala sekolah, guru pengampu tahfidz dan siswi yang ada di MTs Qudsiyah Putri (2) Sumber data sekunder yakni dokumen atau arsip yang mendukung adanya program tahfidz dan data lain yang mendukung. Teknik pengumpulan data melalui observasi, interview (wawancara) dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Uji keabsahan data yaitu dengan menggunakan uji kredibelitas, uji transferability, uji dependability, dan uji konformability. Dari hasil analisis data diperoleh temuan-temuan penelitian seebagai berikut : (1) Program tahfidz di MTs Qudsiyah Putri memperhatikan kualitas atau tahapan dalam pembelajaran tahfidz yaitu mengutamkan penekanan pada pelafalan huruf atau makhorijul huruf. Penekanan tersebut menjadi tolak ukur kebenaran dalam menyebut huruf hijaiyah kemudian bisa melanjutkan ke hafalan berikutnya. Dalam proses menghafal Al-Qur’an, siswi diwajibkan untuk menghafalkan Al-Qur’an dengan cara menyimak atau simaan dengan teman sejawat. (2). Kemampuan para siswi dalam menghafal ayat al-Qur’an dapat terasah dengan metode sima’an dengan teman sejawat dan setiap hari menghafalkan satu ayat al-Qur’an serta dihafalkan secara berulang-ulang. Dampak dari menghafalkan al-Qur’an merupakan salah satu hasil pembelajaran yang dapat diukur dalam setiap pembelajaran dibidang kognitif seperti yang tertulis dalam rapor dan ijazah. Dampak pengiring hasil belajar tahfidz al-Qur’an seperti penerapan kemampuan mengenai pengetahuan kajian Al-Qur’an dan agama Islam untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tahfidz, Kedisiplinan Belajar, Prestasi Belajar
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Nov 2021 06:58
Last Modified: 02 Nov 2021 06:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5617

Actions (login required)

View Item View Item