Sa’diyah, Niswatus (2021) Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Dan WhatsApp Group Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs. Negeri 1 Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (454kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (372kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (608kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (402kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (700kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (471kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (582kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan mengenai minat belajar siswa dalam pembelajaran daring berbasis google classroom dan whatsApp group pada mata pelajaran Fiqih selama pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses implementasi pembelajaran daring berbasis google classroom dan whatsApp group pada mata pelajaran Fiqih di MTs. Negeri 1 Jepara. 2) Untuk mengetahui minat belajar siswa dalam pembelajaran daring berbasis google classroom dan whatsApp group pada mata pelajaran Fiqih di MTs. Negeri 1 Jepara. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran daring berbasis google classroom dan whatsApp group pada mata pelajaran Fiqih di MTs. Negeri 1 Jepara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis pendekatan yang digunakan adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara pada guru mata pelajaran Fiqih kelas VII, siswa dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran daring berbasis google classroom dan whatsApp group selama daring mengikuti kebijakan yang di tetapkan pemerintah dengan online dari rumah masing-masing termasuk pembelajaran Fiqih. Sehingga pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan alat elektronik berupa android dan sejenisnya untuk membuat tugas, pengiriman tugas dari siswa, menilai, dan mengatur tugas kelas dengan cepat dan mudah. 2) Minat belajar siswa dalam pembelajaran daring saat proses belajar memiliki hasil minat yang cukup tinggi, di buktikan dengan perasaan senang siswa saat mengikuti pelajaran tanpa paksaan, ketertarikan siswa sehingga aktif berdiskusi dan bertanya serta perhatian siswa dengan contoh mendengarkan penjelasan dan mecatat materi pelajaran. 3) Faktor pendukungnya yaitu dapat menghemat waktu, subsidi kuota, koordinasi yang efektif, banyaknya materi pembelajaran secara beragam, perhatian dan motivasi yang selalu diberikan oleh guru dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu susahnya koneksi internet, kejenuhan yang terkadang dirasakan, kendala penggunaan kuota dan komunikasi yang keluar dari konteks pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat belajar, Pembelajaran daring, Google classroom dan WhatsApp group |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 02 Nov 2021 07:29 |
Last Modified: | 02 Nov 2021 07:29 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5628 |
Actions (login required)
View Item |