Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Dan WhatsApp Group Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs. Negeri 1 Jepara

Sa’diyah, Niswatus (2021) Minat Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Daring Berbasis Google Classroom Dan WhatsApp Group Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MTs. Negeri 1 Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (454kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (372kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (608kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (402kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (700kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (471kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (582kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan mengenai minat belajar siswa dalam pembelajaran daring berbasis google classroom dan whatsApp group pada mata pelajaran Fiqih selama pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses implementasi pembelajaran daring berbasis google classroom dan whatsApp group pada mata pelajaran Fiqih di MTs. Negeri 1 Jepara. 2) Untuk mengetahui minat belajar siswa dalam pembelajaran daring berbasis google classroom dan whatsApp group pada mata pelajaran Fiqih di MTs. Negeri 1 Jepara. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran daring berbasis google classroom dan whatsApp group pada mata pelajaran Fiqih di MTs. Negeri 1 Jepara. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis pendekatan yang digunakan adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan tehnik pengumpulan data melalui observasi, wawancara pada guru mata pelajaran Fiqih kelas VII, siswa dan dokumentasi. Analisis data digunakan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi pembelajaran daring berbasis google classroom dan whatsApp group selama daring mengikuti kebijakan yang di tetapkan pemerintah dengan online dari rumah masing-masing termasuk pembelajaran Fiqih. Sehingga pembelajaran dilakukan dengan memanfaatkan alat elektronik berupa android dan sejenisnya untuk membuat tugas, pengiriman tugas dari siswa, menilai, dan mengatur tugas kelas dengan cepat dan mudah. 2) Minat belajar siswa dalam pembelajaran daring saat proses belajar memiliki hasil minat yang cukup tinggi, di buktikan dengan perasaan senang siswa saat mengikuti pelajaran tanpa paksaan, ketertarikan siswa sehingga aktif berdiskusi dan bertanya serta perhatian siswa dengan contoh mendengarkan penjelasan dan mecatat materi pelajaran. 3) Faktor pendukungnya yaitu dapat menghemat waktu, subsidi kuota, koordinasi yang efektif, banyaknya materi pembelajaran secara beragam, perhatian dan motivasi yang selalu diberikan oleh guru dan orang tua. Sedangkan faktor penghambat yaitu susahnya koneksi internet, kejenuhan yang terkadang dirasakan, kendala penggunaan kuota dan komunikasi yang keluar dari konteks pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Minat belajar, Pembelajaran daring, Google classroom dan WhatsApp group
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 02 Nov 2021 07:29
Last Modified: 02 Nov 2021 07:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5628

Actions (login required)

View Item View Item