PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZ PADA KELAS UNGGULAN (STUDI KASUS DI MTS DARUL ULUM PURWOGONDO KALINYAMATAN JEPARA)

Munasiroh, Siti (2017) PELAKSANAAN PROGRAM TAHFIDZ PADA KELAS UNGGULAN (STUDI KASUS DI MTS DARUL ULUM PURWOGONDO KALINYAMATAN JEPARA). Undergraduate thesis, STAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER, NOTA PERSETUJUAN DKK.pdf

Download (6MB)
[img] Text
02. ABSTRAKSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. daftar isi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. BAB I FINIS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB II_FINIS new.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III FINIS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB IV FINIS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB V FINIS.pdf

Download (2MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat secara nyata proses pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: (1) Bagaimana pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan di MTs Darul Ulum Purwogondo kalinyamatan Jepara (2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat program Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan di MTs Darul Ulum Purwogondo kalinyamatan Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian survey lapangan dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis yang digunakan menggunakan metode yang dikembangkan oleh Miles and Huberman dengan tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Adapun lokasi penelitiannya adalah di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara. Hasil penelitian dapat diperoleh temuan-temuan sebagai berikut: Pertama, program Tahfidz Al-Qur’an di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara ini merupakan materi pengayaan dibidang agama pada kelas unggulan. Untuk masuk kelas unggulan siswa harus melewati tiga tes yaitu tes nilai ijazah SD tertinggi, tes tulis, dan tes wawancara dengan orang tua siswa untuk minta persetujuan kesanggupan biaya dan waktu. Pelaksanaan program tahfidz meliputi perencanaan, proses pelaksanaan, materi, metode, fasilitas dan evaluasi. Program Tahfidz Al-Qur’an dilaksanakan 2 kali dalam seminggu yang dimulai pada pukul 13.00 sampai pukul 14.00. Sedangkan prosesnya meliputi: murojaah, melanjutkan bacaan, mempersiapkan hafalan, dan menyerahkan hafalan. Metode yang digunakan adalah metode tugas rumah, dan aspek yang dinilai yaitu meliputi tajwid, makharijul huruf, kelancaran dan ketartilan. Pelaksanaan program Tahfidz Al-Qur’an pada kelas unggulan di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara berjalan efektif, karena tujuan yang diharapkan sebanding dengan hasil yang diperoleh. Terbukti siswa antusias dalam mengikuti pembelajaran Tahfidz dan hafalannya sesuai target yaitu minimal juz amma dan maksimal 3 juz (jus 30, 1 dan 2) bahkan ada yang melebihinya. Kedua, faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan program Tahfidz pada kelas unggulan di MTs Darul Ulum Purwogondo Kalinyamatan Jepara dapat dikelompokkan menjadi dua bagian, yaitu: pendukung dan penghambat. Faktor-faktor pendukung seperti, minat siswa yang tinggi, lingkungan sekitar yang nyaman dan kondusif, serta fasilitas yang memadai. Sedangkan faktor penghambat meliputi, berkurangnya konsentrasi dan fokus siswa, kurang bisa mengelola waktu sehingga timbul rasa malas dan bosan pada siswa. Kata kunci : Pelaksanaan Program tahfidz Al-Qur’an Pada Kelas unggulan, Faktor pendukung dan penghambat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 11 Feb 2017 05:55
Last Modified: 11 Feb 2017 05:55
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item