Penerapan Media Film Animasi Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan hasil Belajar Afektif Peserta Didik Kelas 3A di MIN Kudus

Na’im, Zulfatun (2021) Penerapan Media Film Animasi Dalam Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan hasil Belajar Afektif Peserta Didik Kelas 3A di MIN Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (228kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (135kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (248kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (420kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (293kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (414kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (192kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendiskripsikan penerapan media film animasi dalam pembelajaran tematik untuk meningkatkan hasil belaar afektif peserta didik kelas 3A di MIN Kudus , 2) faktor pendukung penerapan media film animasi dalam pembelajaran tematik untuk meingkatkan hasil belajar afektif peserta didik kelas 3A di MIN Kudus, 3) faktor penghambat dalam penerapan media film animasi dalam pembelajaran tematik untuk menigkatkan hasil belajar afektif peserta didik kelas 3A di MIN Kudus. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif analisis. Penelitian ini dilaksanakan di MIN Kudus. Selanjutnya untuk mendapatkan data, penulis mengambil dari data primer yaitu guru kelas 3A, peserta didik kelas 3A dan orang wali murid kelas 3A. Selanjutnya data sekunder yaitu berupa arsip atau dokumen yang berkaitan dengan madrasah dan berkaitan dengan peserta didik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan meliputi uji keabsahan data (credibility) dengan menggunakan triangulasi dan uji Uji transferability (Validitas Eksternal). Teknik analisis data meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi (conclusing drawing/ verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan media film animasi dalam pelaksanaan pembelajaran tematik dilaksanakan dengan memanfaatkan tekhnologi yang ada yaitu berupa android. Dalam pelaksanaan pembelajaran dilakukan dengan membuat WhatsApp Group. Teknik penyampaian materi kepada peserta didik dilaksanakan dengan mengirim video yang berupa film animasi ke WhatsApp Group yang telah di buat. 2) Faktor pendukung penerapan media film animasi dalam pembelajaran tematik antara lain: kemampuan guru untuk mampu menciptakan pembelajaran yang menarik, sarana prasarana yang memadai, dukungan dari sekolah, semangat peserta didik, orang tua peserta didik yang mendukung pelaksanaan pembelajaran, dan jarinan internet yang lancar. 3) Faktor penghambat penerapan media film animasi dalam pembelajaran tematik antara lain: rasa semangat guru yan terkadang merasa capek sehingga semangatnya menurun, kemalasan peserta didik, orag tua yang tidak mendukung proses pelaksanaan pembelajaran, dan jaringan internet yang buruk.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Film Animasi, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar Afektif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 03 Nov 2021 01:20
Last Modified: 03 Nov 2021 01:20
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/5637

Actions (login required)

View Item View Item